Selasa, 18 Agu 2015 16:40 WIB

Viar 7 Explorer

Menjelajah Gua-gua Tempat 'Bersemayam' Putri Pukes

Dini Afrianti Efendi - detikOto
Kutacane - Waktu bergulir dengan cepat membawa perjalanan tim Viar 7 Explorer mencapai hari kelima pada Selasa, 11 Agustus 2015. Perjalanan kali ini diagendakan menuju Kutacane.

Usai melakukan persiapan di tempat mereka menginap, selanjutnya tim diajak oleh Tommy dari Extreme Takengon untuk sarapan sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya.

Sekitar pukul 09.00 WIB, tim melanjutkan perjalanan eksplorasi mereka menuju spot pertama yaitu Danau Laut Tawar.

Danau Laut Tawar merupakan sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.

Dengan luas kurang lebih 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Salah satu keunikan Danau Laut Tawar ini adalah terdapat ikan Deupik yang hanya dapat kita temui di danau ini.

Keunikan lainnya yaitu adanya 4 Goa yang mengelilingi danau tersebut dan sejarah yang berkembang tentang Putri Pukes yang amat terkenal.

Untuk mengetahui bagaimana sejarah tentang Putri Pukes ini, tim kemudian mencoba masuk ke salah satu Goa yang konon terdapat Putri Pukes yang telah menjadi batu.

Dan di dalam salah satu Goa tersebut, ternyata memang terdapat salah satu batu yang menyerupai bentuk seorang wanita dengan sanggul di bagian belakang kepalanya.

Puas melakukan eksplorasi dan dokumentasi di Danau Laut Tawar dan Goa Putri Pukes, tim kembali melanjutkan perjalanan menuju desa Ruteng-ruteng untuk Istirahat sambil makan siang.

Usai istirahat tim langsung menuju Blangkerejen sebagai destinasi akhir mereka dikarenakan waktu yang sudah larut dan tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com