Pengguna Moge Juga Minta Korlantas untuk Terbitkan Stiker Khusus Pengganti Pelat Nopol

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 29 Jun 2015 10:09 WIB
Jakarta - Di beberapa motor gede (moge) seperti Harley-Davidson tidak ada tempat pelat nomor polisi di bagian depan. Hal itu sudah didesain dari pabriknya langsung.

Itulah alasannya mengapa masih banyak pengguna moge yang tidak menyematkan pelat nomor kendaraan di bagian depan.

Untuk mengatasi hal itu, pengguna moge di Indonesia yang tergabung dalam Harley-Davidson Owner Group (H.O.G), Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Pusat, Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) dan Motor Besar Club (MBC) Indonesia meminta kepada Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) agar menerbitkan stiker khusus pengganti pelat nomor bagian depan. Ini adalah permintaan kedua mereka kepada pemerintah setelah sebelumnya meminta akses masuk ke jalan tol.

"Ada anggapan miring dari masyarakat bahwa pengguna motor besar itu orang kaya, seenaknya, tidak pernah menghargai peraturan (karena tidak pakai pelat di depan). Kami sekarang imbau, tolong bikin stiker khusus. Karena di Harley kan enggak ada tempatnya," jelas Sekretaris Jendral Motor Besar Club (MBC) Indonesia Irianto Ibrahim di Jakarta, Minggu (28/6/2015) malam.

Nantinya, lanjut Irianto, pihak Korlantas Polri yang akan mengeluarkan stiker pengganti pelat itu secara resmi. Dengan adanya stiker khusus itu, identitas kendaraan pun tetap bisa dikenal karena stiker bisa ditempel di bagian depan kendaraan.

"Nanti Korlantas yang ngeluarin, stiker seperti apa yg bisa tempel di fairing-nya. Sekarang kalau pasang pelat metal mau di mana. Enggak ada itu tempat pelat dan memang itu dari pabriknya. Kalau Korlantas keluarin stiker khusus, tinggal tempelin di fairing-nya atau di depan," kata Irianto.

Meski begitu, nantinya akan ada kekhawatiran bahwa motor sulit diidentifikasi apabila ada kejadian tertentu di jalan karena stiker nopol hanya tertempel di satu bagian motor. Namun, Irianto menjamin bahwa motor tetap bisa diidentifikasi.

"Yang belakang kan tetap ada tempatnya. Keliahatan dari jauh juga. Nanti stikernya juga ditempel di depan, kelihatan nantinya," katanya.

(rgr/ddn)