Sabtu, 06 Jun 2015 16:28 WIB

Ini Spesifikasi Yamaha MT-25

Dadan Kuswaraharja - detikOto
detikOto/Dadan Kuswaraharja detikOto/Dadan Kuswaraharja
Jakarta -

Yamaha Motor kembali membuka sejarahbaru di pasar kendaraan roda dua di Indonesia dengan menghadirkan produk ke-4 dari MT Series yakni MT-25. Seperti apa spek motor telanjang dari R25 ini?

Yamaha MT-25 adalah motor keempat dari MT series setelah munculnya MT-09 dan MT-07 di tahun 2013 dan MT-125 di 2014.

Sebagai pemanasan, sepekan sebelumnya Yamaha mendatangkan MT-09 edisi 2015 ke Tanah Air. Tak menunggu lama, bagian dari keluarga baru MT Series yakni MT-25 diperkenalkan.

"Ini bagian dari NakedVolution, revolusi baru Yamaha di kategori motor sport bagi para bikers sebagai penguasa jalanan,” papar Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Mohammad Masykur, di Epicentrum Walk, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Sabtu (6/6/2015).

Yamaha dalam siaran persnya menyebutkan ada tiga keunggulan MT-25 disodorkan buat konsumen.

Desain pure street naked bike, maneuverability aggressive handling dan high performance engine.

 Jiwa street naked bike MT-25 kuat terbentuk pada desain bodinya yang kekar dengan karakter MT Series, bodi bagian depan lebih berisi dan bodi belakang compact memperkuat kesan naked bike.

Karakter MT Series lainnya yang melekat pada MT-25 ada pada desain lampu depan Halogen H4 12V 60/55 yang terang dan lampu posisi LED sebagai identitas MT-25.

Pengendara pun tampak lebih macho dengan desain tank cover dan desain air shroud MT style menjadikan MT-25 lebih kekar. Desain lekukan cover tangki menunjang performa ketika berkendara dan posisi duduk lebih nyaman.

Kestabilan didapatkan dari rangka tipe diamond dengan optimum rigidity balance, mesin adalah bagian dari rangka, sehingga membuat ramping dan kompak dilengkapi rubber engine mount pada frame dan damper pada handle untuk minim vibrasi di handle.

Daya cengkram ke jalan maksimal karena ban tubeless tapak lebar dan desain velg palang sepuluh bahan alumunium alloy. Handling dan manuver agresif MT-25 juga didukung stang lebar.

Dengan posisi stang yang mendekati pengendara dan lebih tinggi membuat posisi berkendara lebih tegak menjadikan motor mudah dikendalikan dan lincah bermanuver. Kelincahan manuver dan mudahnya dikendalikan juga karena bobotnya 165 kg, paling ringan di kelasnya.

Terlebih, suspensinya juga terbesar di kelasnya dan dilengkapi protektor, suspensi belakang monocross tipe twin tube dan lengan ayun asymmetric sehingga berkendara lebih stabil. Yamaha menggunakan double disc brake dan adopsi floating front disc brake untuk mengoptimalkan pengereman.
 
Nilai lebih keunggulan MT-25 juga dengan mesin performa tinggi 250 cc dengan adopsi 2 cylinder, DOHC, 8 katup, fuel injection menghasilkan tenaga besar dan akselerasi responsive. Disempurnakan teknologi balap Yamaha yaitu DiAsil Cylinder & Forged Piston.

Radiatornya memiliki dimensi besar membuat suhu mesin stabil sehingga performa mesin optimal. Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan dan knalpot compact dengan desainnya sporty, dilengkapi O2 sensor dan catalytic converter yang menghasilkan gas buang ramah lingkungan.

Yamaha MT-25 juga dilengkapi dengan fitur speedometer yang lengkap yaitu shift timing light, gear position, clock, odometer, analog meter, trip meter, fuel trip meter, instant fuel economy, average fuel economy, oil change indicator, oil pressure, temperature meter, neutral indicator, engine trouble warning light dan self diagnosis.
 
Untuk warna, Yamaha menyediakan tiga warna Black Strike, Silver Blue, Red Rage.

Berikut spesifikasi MT-25:
 
Dimensi
P x L x T : 2.090 mm x 745 mm x 1.035 mm
Jarak sumbu roda : 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Berat Isi : 165 Kg
Kapasitas tangki besin : 14 L
 
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin cairan, DOHC
Jumlah/posisi silinder : 2 silinder/tegak
Diameter x Langkah : 60,0 x 44,1 mm
Perbandingan kompresi : 11,6 : 1
Daya maksimum : 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum : 22,6 Nm/10.000 rpm
Sistem starter : elektrik starter
Sistem pelumasan : basah
Kapasitas oli mesin : total = 2,40L : berkala = 1,80L ; ganti filter oli = 2,10L
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5-6
 
Rangka
Tipe rangka : diamond
Suspensi depan : teleskopik
Suspensi belakang : swing arm
Ban depan : 110/70-17M/C (54S)
Ban belakang : 140/70-17 M/C (66S)
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : single disc brake
 
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCl
Battery : GTZ8V
Tipe busi : NGK/CR9E


















(ddn/arf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed