Kamis, 04 Jun 2015 11:56 WIB

Honda Adu Teknik Siswa SMK

M Luthfi Andika - detikOto
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan main diler Honda seluruh Indonesia, menggelar uji kompetensi teknik sepeda motor Honda. Tidak kurang sebanyak 14.220 siswa, dari 316 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Honda ikut berkompetisi demi menjadi yang terbaik.

Ajang yang digelar di tahun ke-6 dengan tema 'Satu Hati Wujudkan Prestasi bersama Honda Smart Technology', bukan lain dilaksanakan sebagai bagian dari kontribusi Honda dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas dan terampil di dunia kerja.

"Kompetisi ini merupakan salah satu kegiatan perusahaan untuk menguji dan mengukur kompetensi siswa, yang diperoleh melalui Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda. Sebelum mereka nanti lulus dari bangku sekolah di SMK binaan Honda," ujar General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso di Sunter Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Ribuan siswa SMK mengikuti kompetisi uji kompetensi ini, diawali dari tingkat sekolah, dilanjutkan ke tingkat regional oleh main dealer Honda, sebelum akhirnya mengikuti kompetisi tingkat nasional yang diadakan oleh AHM.

Berdasarkan proses seleksi berjenjang tersebut, terpilih sebanyak 37 siswa SMK yang berkesempatan unjuk kompetensi dalam Kontes Mekanik SMK Tingkat Nasional pada 4-5 Juni 2015 di Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta.

Para peserta kontes mekanik SMK ini harus mampu menjawab materi uji kompetensi yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini Honda.

Tes kompetensi ini dilakukan melalui test teori, praktik meja sampai dengan trouble shooting yang materinya antara lain tentang engine, frame, electrical, PGM-FI dan pengetahuan umum sesuai dengan kurikulum SMK yang dipelajari di sekolah.

“Kami berharap kontes ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan memacu para siswa SMK, untuk terus meningkatkan kompetensinya di bidang otomotif roda dua. Sehingga ke depan dapat menjadi tenaga-tenaga terampil yang siap memasuki dunia kerja,” tambah Wedijanto.

Tidak lupa bagi siswa SMK binaan Honda terbaik, bakal mendapatkan hadiah menarik. Seperti siswa pemenang pertama bakal berhak mendapatkan uang pendidikan sebesar Rp 8 juta.

Sedangkan pemenang kedua sebesar Rp 5 juta, serta pemenang ketiga sebesar Rp 3 juta. Setiap pemenang juga berhak mendapatkan piala.

Sementara untuk pihak sekolah, AHM menyiapkan sepeda motor Honda CBR150R. Selain hadiah untuk ketiga pemenang utama, seluruh siswa SMK yang telah lolos hingga tingkat nasional berhak mendapatkan plakat dan medali.

“Kami juga berterima kasih terhadap dukungan sekolah-sekolah dalam upaya perusahaan melakukan Link and Match dunia industri dan dunia pendidikan, salah satunya melalui kegiatan ini. Hal ini terlihat dari tahun ke tahun peserta uji kompetensi selalu bertambah baik itu dari siswa ataupun sekolah. Hal ini tentu dapat menambah level kompetisi ini menjadi lebih ketat dan bersaing,” kata Wedijanto.‎



(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com