Kamis, 05 Feb 2015 13:49 WIB

Ngebut Cara Efektif Hindari Begal Motor?

- detikOto
Jakarta - Sebagian pengendara motor mungkin setuju, salah satu langkah untuk menghindari begal atau perampokan motor dengan melajukan motor sekencang-kencangnya alias ngebut. Hmm, kira-kira benar tidak ya Otolovers?

Rupanya hal ini tidak sepenuhnya benar, bahkan hal ini bisa menjadi sesuatu yang berbahaya.

"Itu seperti yang saya katakan. Kita harus mempelajari imu defensif riding. Memilih rute, mengetahui kondisi badan, kondisi motor, tidak menarik perhatian dan lain-lain," ujar pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu, saat dihubungi detikOto.

"Tapi kalau berkendara berkecepatan tinggi, itu harus banyak yang diperhatikan lagi. Karena ini bisa membahayakan juga (bisa terjadi tabrakan-Red)," tambahnya.

Dirinya menuturkan karena saat pengendara motor berkendara dengan cepat, keseimbangan motor menjadi hal yang harus diperhatikan.

"Keseimbangan harus diperhatikan jika memang seperti itu (menghindari begal motor dengan meng-ngebut). Ini berisiko terhadap kecelakaan, jadi pengendara harus bisa mengatur kecepatan mereka," katanya.

Namun dirinya mengingatkan, jika merasa ada yang mengikuti Anda di saat berkendara disarankan untuk menghampiri jalur yang ramai, atau berhenti di tempat yang ramai, jangan memaksa diri untuk berkendara.




(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed