Jumat, 15 Agu 2014 15:11 WIB

Bagaimana Performa Yamaha Soul GT?

Aditya Maulana - detikOto
Bogor - Beberapa waktu lalu detikOto berkesempatan untuk menjajal sepeda motor Yamaha Soul GT. Rute yang ditempuh memang tidak terlalu jauh, hanya dari Jakarta menuju kota hujan, Bogor.

Perjalanan dimulai dengan perlengkapan keamanan yang lengkap dari Pondok Kopi, Jakarta Timur melewati Jatinegara, Jalan Dewi Sartika hingga masuk ke Jalan Raya Bogor. Seperti kita ketahui bersama jalan Raya Bogor didominasi oleh jalan yang lurus, tapi ada juga jalan yang berkelok.

Nah, selama perjalanan yang memiliki jarak kurang lebih 48 km ini dilewati begitu saja oleh Yamaha Soul GT. Untuk akselerasi, stop and go, Yamaha Soul GT ini cukup mumpuni diajak berkendara ke luar kota.

Tarikannya yang responsif membuat pergerakan Soul GT menjadi lincah. Di beberapa ruas jalan seperti di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur sedikit macet, disitulah bisa terbukti motor ini sangat lincah karena mudah diajak meliuk-liuk diantara banyak mobil dan motor yang ada di jalan.

Akselerasinya yang responsif diuntungkan oleh belt CVT yang lebih pendek 15 mm dari Mio Soul. Ini mejadikan tarikan Soul GT lebih responsif untuk putaran bawah dan atas.

Masalah bodi yang sedikit besar juga tidak membuat tarikan menjadi boyo karena tarikan Soul GT ini benar-benar mumpuni.

Di jalanan lurus, Soul GT tetap stabil. Mesin 4-langkah, 2-valve, SOHC berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc yang digendongnya ini menjadikan tenaganya tetap stabil.

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 7,75 hp di putaran 8.500 rpm dengan torsi 8,5 Nm di 5.000 rpm. Teknologi YMJet FI atau Yamaha Mixture Jet Fuel Injection membuat akselerasi Soul GT lebih resposif, irit bahan bakar karena sesuai penggunaan, pembakaran lebih sempurna sehingga lebih ramah lingkungan.

Selama perjalanan juga pengendara tidak merasa cepat pegal karena posisi berkendara yang nyaman mudah didapat. Ditambah lagi dengan jarak lutut kaki dengan bagian depan cukup luas.

Tak hanya itu, karena tujuannya digunakan untuk mudik, jadi barang bawaan yang dibawa juga jauh lebih banyak dibanding ketika digunakan di dalam kota. Tapi ingat, tetap memenuhi standar keamanan dengan tidak membawa barang yang terlalu berlebihan.

Bagasinya yang lapang membuat pemudik lebih praktis dalam membawa barang bawaan dan lebih terlihat rapi karena masuk dalam satu tempat yang sudah tersedia.

Saat berkendara di malam hari, Soul GT juga tetap nyaman. Apalagi masalah pencahayaan yang cukup maksimal. Hal itu didukung dengan lampu depan yang berbentuk seperti sorotan mata tajam yang terinspirasi dari lampu sedan mewah Eropa.

Jadi di saat mudik pun tetap bisa gaya karena Soul GT motor yang mudah menarik perhatian orang. Kalau penggunanya naik Soul GT Street Series, grafisnya membuat pengendaranya jadi pusat perhatian dengan warna colorful dan stiker dalam jumlah besar hampir di sekujur bodi motor.

Striping itu terletak pada cover body depan, spackboard depan, cover leg shield dan cover body samping. Pola-polanya tajam dengan sudut-sudut aerodinamis.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com