Kamis, 24 Jul 2014 14:33 WIB

Pulang Mudik Naik Skutik? Siapa Takut!

Aditya Maulana - detikOto
Cirebon - Mengendarai motor skutik untuk mudik, sah-sah saja asal tetap hati-hati dan menaati peraturan lalu lintas.

Kebetulan skutik offroad yang dipakai detikOto dalam perjalanan mudik ini cukup tangguh. Tidak hanya tangguh di jalanan non-aspal, diajak keluar kota pun tetap oke.

Ini yang dirasakan tim detikOto M Ikhsan dan Aditya Maulana ketika pulang mudik pakai motor.

Rute mudik etape pertama berangkat dari Jakarta hingga ke Cirebon. Pertama tim detikOto, M Ikhsan melajukan skutik offroad itu sampai ke Indramayu, dilanjutkan oleh Aditya Maulana hingga ke Cirebon.

Dari Indramayu, tim detikOto melintas ke daerah Kandanghaur, Losarang dan tiba di Cirebon. Berbagai kondisi jalan pun ditemui, tapi kebanyakan jalanannya lurus. Kendaraan yang lewat juga tidak sedikit, mulai dari sepeda motor hingga truk-truk yang besar.

Saat jalanan lurus, saat melewati jalanan yang berkelok-kelok, kelincahan skutik offroad itu bisa dibuktikan. Karakter motor trail dan bentuk stang yang memanjang memudahkan pengendara ketika melewati jalanan yang meliuk-liuk.

Karena selain tampilannya yang menarik, skutik offroad Yamaha X-Ride ini juga ditopang mesin 115 cc dengan menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC.

Yamaha mengklaim mesinnya itu mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Anda juga tidak perlu khawatir mudik naik skutik cepat pegal. Buktinya, tim detikOto merasa tetap enjoy meski menempuh rute yang cukup jauh.

Tongkrongan Yamaha X-Ride bisa membantu riders memudahkan posisi yang nyaman ketika berjalan jauh. Skutik ini memiliki ground clerance yang cukup tinggi dan setingan suspensi yang cocok untuk berjalan jauh.

Ketika melewati jalan yang berlubang, Anda tidak perlu khawatir karena Yamaha sudah menyetel suspensinya dengan kondisi jalanan di Indonesia. Terasa sedikit keras memang, tapi bantingannya tidak terlalu membuat kedua tangan sakit ketika menghantam lubang.

Yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan keamanan seperti helm, sarung tangan atau safety gear lainnya. Jangan lupa juga sebelum mudik Anda menggunakan masker agar debu selama diperjalanan tidak terlalu mengganggu Anda berkendara.

"X-Ride, bermakna Xtreem dan Xciting. Xtreem untuk tampilannya yang baru, gaul, keren dan tak ada duanya. Xciting buat performanya yang memiliki akselerasi spontan dan tangguh di segala medan," ujar GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo soal motor offroad ini.

(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com