Apa Jadinya Jika Yamaha R15 Diajak Touring?

- detikOto
Jumat, 16 Mei 2014 12:59 WIB
Sabang - Setelah mengetes Yamaha YZF-R15 di jalanan perkotaan Jakarta, kini saatnya untuk mencoba kemampuan motor ini untuk perjalanan jarak jauh. Sabang sampai Medan pun siap menjadi arena percobaan motor anyar tersebut.

Mengusung tagline 'Keep Cool and Ride R15' Yamaha R15 sudah langsung menarik minat pecinta roda dua Indonesia setelah diperkenalkan Yamaha.

Hal itu tidak mengherankan. Sebab, mengusung desain full-fairing bergaris sporty, motor ini juga dilepas dengan harga 'murah' yakni hanya Rp 28 juta saja.

Nah, setelah mengetes motor ini di Jakarta, kini detikOto akan menguji ketangguhan YZF-R15 dalam gelaran 'Touring Jelajah Sumatera YZF-R15' dengan mengambil rute Sabang-Medan.

Yamaha mengatakan kalau lintasan ini dipilih karena memiliki trek berkelok dan kondisi jalan naik-turun dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Belum lagi cuaca di perjalanan yang bisa berubah sewaktu-waktu. detikOto akan benar-benar menguji performa dan akselerasi Yamaha YZR-R15 di jalur ini.

"Touring Jelajah Sumatera dilaksanakan mulai KM 0 dengan awak media untuk mencoba R15. Salah satu kegiatan paling pertama dari R15 untuk menguji performa dari motor ini. Melintasi banyak jenis kondisi jalan, agar awak media bisa merasakan langsung motor ini," jelas Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia.

Titik Nol KM di Sabang, yang merupakan ujung Indonesia bagian bagian barat jadi titik awal perjalan perdana dan bersejarah YZF-R15 menjelajahi pulau Sumatera. Touring kali ini diikuti 20 peserta mengunakan 20 YZF-R15 yang terdiri dari perwakilan Yamaha Indonesia, wartawan serta perwakilan dari YRFI (Yamaha Riders Federation Indonesia).

Touring dimulai dari pelataran Musium Tsunami, Banda Aceh pada Sabtu (16 Mei 2014) untuk kemudian finis di danau Toba, tepatnya di Parapat, Medan pada Selasa (20 Mei 2014), bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Selanjutnya touring akan diteruskan oleh perwakilan YRFI menuju Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Sepanjang perjalanan, peserta touring tidak hanya suguhkan trek jalan menantang, tapi juga panorama keindahan hutan pegunungan dan pantai.

Jalur Banda Aceh, Meulaboh, Blangpidie, Tapaktuan, Subussalam, Sidikalang, Kabanjahe, Parapat (jalur Selatan Sumatera) sepanjang 1.200 kilometer yang dilewati peserta touring YZF-R15 memang jalur favorit para biker bila menjelajah Sumatera.

Deretan hutan hijau yang asri di lereng pegunungan di kanan-kiri jalan begitu menyejukan mata, belum lagi pantai dan hamparan pasir putih di tengah perjalanan yang akan seperti obat lelah bagi peserta touring di perjalanan.

Kemampuan ini R15 sendiri bersumber dari mesin 150 cc yang sedikit berbeda dengan milik V-Ixion.

Mesin R15 berkapasitas 150 cc, 6 percepatan, berpendingin cairan, 4 katup, juga unggul untuk speed sensor, radiator, O2 sensor, ECU (Electronic Control Unit), berteknologi DiASil Cylinder, forged piston, Fuel Injection dan low friction technology. Perbedaan di V-Ixion hanya pada transmisi yang digunakan V-Ixion 5 percepatan dan ECU.




(syu/ddn)