Minggu, 16 Mar 2014 07:38 WIB

Honda Akhirnya Setop Produksi Tiger

- detikOto
Pontianak - Satu lagi motor yang harus mengalami ajal menyusul aturan emisi yang ketat. Setelah CS-1 dan Revo matik, Honda memutuskan ikut menghentikan produksi dan distribusi Honda Tiger di tanah air.

Hal tersebut disampaikan Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya, di Pontianak Kalbar, Sabtu (15/4/2014).

"Pada saat kondisi ini, Honda Tiger tidak akan didistribusi lagi dan kita (AHM) akan stop (produksi)," ujar Margono.

Dalam data penjualan motor di Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), belum ada Tiger yang disalurkan Honda di tahun 2014 ini. Penjualan Tiger dalam bulan sebelumnya pun mengalami penurunan dari 941 unit di November menjadi 813 unit di Desember. Padahal dalam rentang 12 bulan di 2013 ada 12.572 Tiger yang terjual di Indonesia.

Namun Margono mengatakan AHM masih belum memutuskan apakah akan melahirkan generasi penerus Honda Tiger.

"Bukan berarti kita tidak mempertimbangkan seperti apa (penerus Honda Tiger). Kita tahu Tiger memiliki komunitas yang besar, justru karena kita tengah mempertimbangkannya," katanya.

"Yang penting kita tahu produk kita, dan kita tahu Tiger itu sudah ada sejak 1993 ini telah menjadi brand yang legendaris," ujarnya.

Lalu butuh waktu berapa lama untuk bisa menghadirkan penerus tiger?

"Penerus Tiger kita belum tahu, kita masih dalam riset. Berapa lama riset yang dibutuhkan, 2 tahun? Itu tergantung produknya," tambahnya.

Penghentian produksi Tiger terjadi karena Honda akan menggunakan mesin injeksi pada semua line up motornya. Tiger bermesin 200 cc yang dijual di Indonesia masih memakai sistem karburator, padahal untuk mencapai standar emisi Euro3 yang ditetapkan pemerintah, minimal semua motor harus menggunakan injeksi.

Spesifikasi mesin Tiger

Mesin 4 Langkah OHC, pendinginan udara
Kelas 200
Volume Langkah 196,9 cc
Diameter X Langkah63,5 x 62,2 mm
Daya Maksimum 16,7 PS / 8.500 RPM
Torsi Maksimum 1,60 kg.m / 7.000 RPM




(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com