Honda Verza 150 Cetak Rekor MURI

- detikOto
Minggu, 10 Feb 2013 14:33 WIB
Surabaya - Baru saja lahir, motor anyar Honda verza 150 langsung mencetak rekor MURI. Rekor itu ditorehkan Honda di Surabaya.

PT Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan rekor baru di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melalui pencapaian peserta uji coba awal (first test rider) terbanyak dalam satu hari di satu tempat yakni sebanyak 1.500 peserta.

Pencatatan rekor baru MURI ini merupakan bagian dari acara National Public Launching Honda Verza 150 yang digelar AHM bekerja sama dengan Main Dealer Honda area Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

Sebanyak 15 motor Honda Verza 150 disediakan bagi para peserta test ride yang terus berdatangan ingin mendapatkan first impression dari motor sport terbaru Honda ini. Acaranya sendiri digelar di Parkir Timur Delta Plaza, Surabaya kemarin.

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra mengatakan jumlah peserta test ride Honda Verza 150 ini jauh di luar perkiraan perusahaan sebelumnya.

Hal ini diklaim Indra menunjukkan potensi penerimaan masyarakat yang baik terhadap model motor sport Honda yang dijual dengan harga 16.050.000,- untuk tipe spoke wheel dan Rp 16.900.000,- untuk tipe cast wheel (OTR DKI Jakarta).

"Luar biasa sekali animo masyarakat Surabaya terhadap Honda Verza 150. Pada awalnya kami hanya menargetkan 1.000 peserta, namun hanya dalam 4 jam target tersebut telah terlampaui. Hingga akhir acara, sebanyak 1.500 peserta telah menjajal performa motor sport terbaru Honda ini," kata dia dalam keterangan resminya.

Honda Verza 150 dibekali mesin 150cc, 4-Langkah, SOHC, Silinder Tunggal, 5-Kecepatan yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Mesinnya powerful, responsif, serta ramah lingkungan.

Motor sport terbaru Honda ini mampu menghasilkan kecepatan maksimum yaitu 110 km/jam serta akselerasi 11,5 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter.

Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan dan keselamatan seperti pengaman kunci kontak bermagnet yang modern, praktis dan efektif mengurangi resiko pencurian motor, sensor rebah yang melindungi pengendara pada saat terjatuh karena mesin akan mati secara otomatis ketika berada pada sudut kemiringan 60° atau lebih, serta fitur pengaman rantai (sprocket chain stopper) yang menjaga agar roda tidak terkunci pada saat rantai terlepas dari gear.

Sebagai rangkaian acara peluncuran perdana Honda Verza 150 di Surabaya ini, dibuka juga program khusus Trade In bagi konsumen yang ingin memiliki motor sport terbaru Honda ini. Sepeda motor lama tersebut dihargai dengan harga yang lebih tinggi dari harga di pasaran dan hasil penjualannya dapat dijadikan uang muka pembelian Honda Verza 150.

Selain itu, juga digelar program diskon khusus sebesar Rp1,2 juta (untuk pembelian cash) dan Rp1,7 juta (untuk pembelian kredit), bagi masyarakat yang ingin membeli Honda Verza 150 sebagai sepeda motor keduanya. Syaratnya cukup dengan menunjukkan STNK sepeda motor pertama.

Buktikan efisiensi

Dalam acara ini, AHM bersama MPM juga menggelar kegiatan Fuel Efficiency Contest Honda Verza 150 untuk membuktikan efisiensi konsumsi bahan bakar sepeda motor sport terbarunya ini. Hasilnya, Honda Verza 150 mampu membukukan konsumsi BBM rata-rata sebesar 162,94 km/liter.

Ajang adu irit konsumsi BBM ini diikuti oleh 20 jurnalis dari berbagai media nasional maupun regional. Mereka berlomba berkendara secara econo riding menempuh jarak rata-rata sejauh 19,2 km yang dimulai dari Parkir Timur Delta Plaza, Surabaya, kemudian menyusuri jalan Kusuma bangsa, Raya Gubeng, Dharmawangsa, Tambang Boyo, Kenjeran, dan Karang Asem untuk kemudian finish di tempat yang sama saat start.

Rute ini memungkinkan peserta menguji Honda Verza 150 dalam kondisi lalu lintas normal sehari-hari.

Konsumsi BBM dihitung dengan menggunakan metode full to full di mana bahan bakar akan diukur sebelum dan sesudah pengetesan berlangsung. Selain itu, berat badan peserta juga terlebih dihitung dahulu sebagai salah satu pertimbangan pengukuran hasil lomba terbaik.

"Melihat hal ini, kami semakin yakin model ini akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan motor sport handal dan hemat BBM di segmen entry level,” ujar Indraputra.

(syu/ddn)