Selasa, 20 Nov 2012 07:27 WIB

Contek Desain Vespa, Skuter China Disita Polisi

- detikOto
dok autoevolution
Milan - Para produsen China sering kali dituduh melakukan penjiplakan terhadap produk-produk milik merek lain. Dan kini mereka kena batunya setelah kepolisian Italia menyita skuter yang diduga mirip dengan milik Vespa. Penyitaan pun dilakukan di tempat yang cukup unik, pameran motor.

Salah satu pameran motor terbesar di dunia saat ini adalah EICMA yang digelar di Milan, Italia. Seperti dilansir autoevolution, saat pameran tengah berlangsung, kepolisian Italia, menyita enam skuter yang membuat dua merek China harus menutup stand mereka.

Sebab, motor yang disita adalah motor yang mereka pamerkan. Sementara itu, produsen lain yang motornya ikut disita masih melanjutkan pameran karena mereka memiliki motor lain untuk dipamerkan.

Dua merek yang harus menutup stand mereka lebih awal adalah Tao Tao dan Ningbo Wanli Weiye

Lima dari enam skuter yang disita adalah skuter yang menggunakan tenaga listrik. Hanya motor bernama Roman buatan Tao Tao saja yang menggunakan mesin konvensional berkapasitas 150 cc.

Namun uniknya, yang dituduh Vespa menjiplak desain mereka ternyata bukan hanya kedua merek China itu saja. Sebab merek-merek Italia juga dilaporkan Vespa ke polisi dan produknya ikut disita.

Ada pun motor-motor yang disita karena diduga melakukan penjiplakan antara lain Roman buatan TaoTao Group, WL 101Z buatan Ningbo Wanli Weiye International Trade Co., Luxury buatan Bertini S.r.l., Reset Ecologic buatan WRS S.r.l., Miami buatan E-Tropolis Italia S.r.l. dan Milano buatan E-Tropolis Italia S.r.l.

Insiden penyitaan di EICMA ini sendiri bukanlah kali pertama terjadi. Tahun lalu kepolisian Italia diketahui juga menyita Yiben 250 ZKT karena dituduh mencontek desain skuter tiga roda, Piaggio MP3.


(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com