Kawasaki Luncurkan 2 Moge, Bule di Bali Sudah Antre

- detikOto
Jumat, 25 Nov 2011 21:35 WIB
Jakarta - Kawasaki menggebrak pasar motor Indonesia. Tidak tanggung-tanggung 2 varian motor sport bermesin 650 cc langsung mereka luncurkan dan Bali adalah wilayah yang paling banyak peminatnya.

Motor yang diluncurkan Kawasaki adalah ER6-R yang menganut konsep naked bike dan Ninja 650 R yang memiliki tampilan full fairing. Masing-masing dibanderol dengan harga Rp 99 juta dan Rp 104 juta.

"Target awal kami mencapai 100-200 unit perbulan. Dan Bali sedikit menggila, kemarin sudah ada pemesanan dan siap menunggu (Inden) sebanyak 10 unit," ujar Sales Promotion KDD Departement Marketing & Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Reiner M. Sitourus, di sela peluncuran di Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (25/11/2011).

"Kota-kota besar lainnya pun banyak peminatnya, tapi yang paling gila itu Bali. Karena disana banyak sekali peminatnya, salah satunya ialah para bule disana,"ujarnya.

Namun begitu, Reiner mengakui kalau ada sedikit perbedaan antara kedua produk yang dijual di Indonesia ini dengan produk yang berada di luar negeri salah satunya adalah aplikasi ABS atau anti-lock braking system.

"Ada yang berbeda misalnya saja pada sistem pengereman ABS (di luar negeri), yang ini non ABS. Ini hanya faktor pilihan saja, dan menurut saya sama saja malah bisa menambah harga," lugas Reiner.
Kawasaki ER6-R
Sementara itu Director of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Mitsuhiko Okada di tempat yang sama menjelaskan kalau peluncuran dua varian Premium Bike ini dilakukan karena Kawasaki selalu ingin menghadirkan terobosan terbaru bagi industri otomotif roda dua dan memenuhi kepuasan para pecinta motorsport di Indonesia.

“Tak hanya dimensi dan kapasitas mesin yang besar, semua komponen dari kedua motor ini mewakili sosok premium bike sejati bagi mereka yang mengidam-idamkan sebuah motor premium bike Jepang,” kata pria yang akrab disapa Okada San ini.

Argumen Okada tersebut nampaknya memang masuk akal. Sebab mesin yang digendong keduanya adalah mesin berkapasitas 649 cc dan berkonfigurasi paralel twin ini (dua silinder) yang mengusung sistem noken as DOHC (double over head camshaft) dan 8 buah katup per silinder.

“Peningkatan kinerja mesin yang lebih besar, berbasis body yang lebih ramping dan menggunakan jok baru yang nyaman membuat kedua motor ini lebih bergaya dan selalu Fun To Ride,” kata Okada San.

Sedangkan Marketing & Advertising Dept Head KMI Freddyanto Basuki mengatakan bahwa meskipun kedua motor ini adalah moge yang sarat akan kekuatan, baik ER6n maupun Ninja 650 masih nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

"Meski berkapasitas mesin besar, ER6n dan Ninja 650 masih nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena menawarkan performa maksimal yang memiliki tenaga lembut di putaran bawah dan menengah, tetapi performa dahsyat di putaran atas,” pungkasnya.
Ninja 650 R
Spesifikasi mesin keduanya:

* Engine: Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, four-valve, parallel twin
* Displacement: 649 cc
* Bore x Stroke: 83.0 x 60.0 mm
* Compression Ratio 11.3:1
* Transmission 6-Speed
* Mesin 649 cc, liquid-cooled, parallel twin
* Bore/Stroke : 83 x 60 mm
* Rasio kompresi : 11.3:1
* Daya maksimum : 64,8 hp pada 9.000 rpm
* Torsi maksimum: 60,6 Nm pada 7.250 rpm
* Sistem bahan bakar Digital fuel injection, 38 mm Keihin throttle bodies
* Ignition : Digital CDI
* Lubrication System : Semi-dry sump, SAE 10W-40


(syu/syu)