Rabu, 07 Nov 2018 14:10 WIB

Bocoran Harga Motor Listrik Gesits

Andhika Prasetia - detikOto
Foto: Presiden Jokowi menjajal motor listrik, Gesits. (Andhika-detikcom) Foto: Presiden Jokowi menjajal motor listrik, Gesits. (Andhika-detikcom)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Motor listrik Gesits direncanakan diproduksi massal tahun depan. Sebelum diluncurkan, motor listrik Gesits dibawa ke Istana Presiden untuk dicoba oleh Presiden Joko Widoddo (Jokowi). Di sana, pihak Gesit juga berdiskusi dengan Jokowi terkait motor listrik buatan anak bangsa ini.

Direktur PT Gesits Technologies Indo Zaki Nahdi Saleh mengatakan, motor listrik Gesits sudah dipesan 30.000 unit. Padahal, harga resmi Gesits belum juga diumumkan. Namun diharapkan, motor listrik Gesits punya harga lebih kompetitif dengan harga motor bensin.

"Kita mengharap bahwa harga pasar bisa di bawah kompetitor sekelas yang motor konvensional," kata Zaki di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).



Menurut Zaki, Gesits sebagai motor listrik pertama yang dikembangkan anak dalam negeri. Kuncinya motor listrik Gesits bisa lebih murah ada pada baterai yang dikembangkan oleh Pertamina.

"Kuncinya di sini, karena itu motor dibeli, baterainya dimiliki oleh Pertamina. Jadi harga bisa murah. Kalau motor listrik baterainya di dalam, harga baterai hari ini masih mahal. 35 persen dari komponen harga itu baterai, bisa sampai 50 persen kadang-kadang. Jadi harga motor listrik itu bisa mahal, lebih dari Rp 50 juta," ucap Zaki.



Zaki pun membocorkan kisaran harga Gesits. Menurutnya, motor listrik Gesits bisa dijual dengan harga Rp 20 jutaan.

"Kalau dari kita, dari industrinya kurang lebih di Rp 20 juta, kalau nanti kita jual ke pasar kurang lebih Rp 22-23 juta," ungkapnya.

Tadinya motor diharapkan bisa dijual sekitar Rp 15 juta.


Infografis Gesits

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed