Minggu, 11 Agu 2019 14:19 WIB

Yamaha R6 2019, Spesifikasi dan Harga untuk Pecinta Motor

Abdul Jalil - detikOto
Yamaha R6 2019, Spesifikasi dan Harga untuk Pecinta Motor/Foto: Yamaha Yamaha R6 2019, Spesifikasi dan Harga untuk Pecinta Motor/Foto: Yamaha
Jakarta - Dengan teknologi canggih dan desain sporty, membuat daya pikat Yamaha R6 sangat besar. Tentu memilikinya adalah impian banyak pecinta motor.

Karena harga Yamaha R6 dibanderol sangat mahal, membuat moge yang berkapasitas mesin 600cc ini, tak begitu banyak orang berkesempatan memilikinya.

Nah, berikut spesifikasi dan harga Yamaha R6, dirangkum dari berbagai sumber:



1. Desain

Dari tampilannya yang berkarakter body gagah dan aerodinamis dengan front cowl serta widshiled yang efisien. Yamaha R6 2019 mencoba mengikuti sang kakak, yakni Yamaha R1. Desain lampu utama yang tajam, berada di sisi air scoop, semakin menguatkan kesan agresif dan futuristik. Ditambah model buntut seksi seperti kakaknya, Yamaha R1.

2. Dimensi

Motor ini juga nampak gagah dengan ketinggian jok mencapai 850 mm, dengan jarak terendah ke tanah 130 mm. Dengan dimensi detail panjang 2.040 mm, lebar 705 mm, dan tinggi 1.095 mm. Serta bobotnya mencapai 189 kg.

3. Mesin

Yamaha R6 Dibekali dengan tipe mesin Liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves. Berkapasitas 600cc, mampu menghasilkan performa tarikan mesin sangat bertenaga, dengan daya maksimum 91.0 kW (123.7 PS) @ 14.500 rpm dan torsi maksimum 65.7 Nm (6.7 kg-m) @ 10.500 rpm.

Tenaga mesin didistribusikan dengan sistem perpindahan gigi transmisi 6 percepatan.



4. Fitur

Beberapa fitur baru yang tersemat di Yamaha R6 genersi baru, mulai dari kendali traksi (TCS), berfungsi mencegah gejala slip saat motor berakselerasi. Tersedia enam pilihan intervensi yang bisa dipilih pengendara, tergantung situasi berkendara, cengkeraman ban, dan preferensi pribadi.

Sistem transmisinya sekarang memiliki opsi perpindahan gigi tanpa perlu menekan kopling dengan quick shift system (QSS). Fitur ini memudahkan perpindahan gigi, khususnya ke gigi lebih tinggi. QSS di R6 ini sudah diterapkan oleh Yamaha pada kakaknya, YZF-R1.

Sedangkan fitur R6 generasi lawas tetap dipertahankan. Sebut saja Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T), Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I), slipper clutch, sistem transmisi 6-percepatan dengan rasio rapat, knalpot titanium, dan lain-lain.

5. Suspensi

Suspensi motor ini lebih besar dari generasi R6 sebelumnya dan memiliki komponen yang sama dengan Yamaha R1. Suspensi KYB berukuran 43 mm lebih besar dari yang sebelumnya 41 mm. Sistem pengereman ABS hadir sebagai fitur standar pada YZF-R6 terbaru.

6. Pengereman

Sistem pengereman menggunakan ABS (Anti-Lock Breaking System). Teknologi kontrol rem depan yang optimal dan mengurangi risiko ban terkunci saat pengendara R6 mengerem secara mendadak. Hal ini mengoptimalkan keselamatan pengendaranya.

Motor menggunakan rem cakram ganda berdiameter 320 mm. Sedangkan untuk rem belakang, memakai rem tunggal berdiameter 220 mm, yang dijamin bisa menghentikan laju kendaraan secara tepat dan cepat.

7. Harga

Bila tertarik untuk memboyong Yamaha R6 ini, berdasarkan laman resmi Yamaha Motor Indonesia, detikers perlu merogoh kocek sebesar Rp 270.000.000. Harga tersebut adalah On The Road (OTR) Jakarta di tahun 2019. Harga yang fantastis sesuai dengan kelas, dan teknologinya yang canggih.





Simak Video "Kendaraan Tempur Made in Indonesia yang Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed