Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 06 Juli 2017, 14:19 WIB

Lewat Sentuhan Dedik, Truk Tak Lagi Lusuh

Muhammad Aminudin - detikOto
Lewat Sentuhan Dedik, Truk Tak Lagi Lusuh Foto: Malang Raya Lovers
Malang -

Lewat sentuhan tangan terampil, truk tidak lagi tampil apa adanya, lusuh bercampur debu jalanan. Truk yang dipermak memiliki daya tarik dan tampil keren.

Dia adalah Dedik pemilik layanan restorasi otomotif bagi truk diberi nama Jaya Dipa beralamatkan di Dusun Sumberayu, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Dedik dengan foto truk modifikasinyaDedik dengan foto truk modifikasinya Foto: Muhammad Aminudin


Dedik Jaya Dipa begitu akrab disapa sudah banyak menyulap truk beragam merek. Modifikasi hasil karyanya telah tenar seantero Jawa. Hasil modifikasi Dedik bisa dilihat dari akun resmi laman Facebook Jaya Dipa.

detikOto menyempatkan untuk bertandang ke markas Dedik, di tempat usahanya, beberapa unit truk baru antre dan tengah dalam proses pengerjaan.

Truk tengah dimodifikasi di bengkel Dedik Truk tengah dimodifikasi di bengkel Dedik Foto: Muhammad Aminudin

"Saya sebenarnya masih baru membuka usaha ini, beberapa tahun lalu. Semua datang untuk modifikasi, dari menambah aksesoris samping, mahkota di atas kabin, bemper, serta weldog, dan slebor. Modifikasi dilakukan selain bak dan kabin," kata Dedik berbincang dengan detikOto, Kamis (6/7/2017).

Tidak salah, Dedik telah membanderol harga dalam setiap pengerjaan, nilainya hampir Rp 10-25 juta, melihat dari tingkat kesulitan modifikasi yang dipesan.

Sedikit memudahkan, Dedik menyediakan beberapa display model modifikasi truk yang sudah pernah dikerjakan. Pemesan bisa langsung memilih atau mengubah dari display yang dipilih.

"Setiap proses butuh waktu paling cepat dua pekan sampai satu bulan. Kita melihat ketersediaan barang serta banyaknya pekerjaan," jelas pria sudah lama terjun di dunia karoseri ini.

Dalam setiap bulan, Dedik dibantu sekitar 10 tenaga kerja mampu memproduksi 4 sampai 6 unit truk yang sudah dimodifikasi. Lantaran masih baru, Dedik memanfaatkan halaman rumahnya sebagai bengkel modifikasi. Dia berkeinginan semua proses perijinan untuk mendirikan karoseri segera rampung dan bisa memproduksi bak truk sekaligus modifikasi.

"Saya masih urus izin untuk dapat lisensi bak truk, dengan adanya itu nanti bisa membuat bak sekalian modifikasinya," terangnya.

Saat ini, lanjut dia, memang lagi tren memasang lampu kendaraan lain di bagian belakang bemper truk. Seperti headlamp milik Toyota Fortuner, Mitsubhisi Pajero Sport, dan sebagainya.

Dedik mengaku, pada awalnya itu merupakan sebuah tantangan. Karena untuk menuruti keinginan pemesan harus memutar otak dan menyiapkan bahan baku.

"Awalnya pemesan datang, ingin pasang lampu. Saya kemudian berpikir bagaimana caranya. Banyak pemesan sudah bawa lampu sendiri, kami tinggal menyiapkan bahan sebagai tempat lampu untuk memodifikasi. Sangat sulit awalnya butuh pelan-pelan agar hasilnya memuaskan," ujarnya.

Untuk bahan baku modifikasi, Dedik sebenarnya banyak memanfaatkan besi plat yang kemudian didesain menuruti kemauan pemesan. Namun semuanya bisa tampil bagus dan keren setelah besi plat ditutup cat.
Foto: Muhammad Aminudin



"Kalau gambar dan stiker ada di tempat lain, untuk menambah penampilan truk yang sudah dimodifikasi," terangnya. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed