Senin, 31 Mei 2010 17:43 WIB

Honda Genio Nan Elegan

- detikOto
Yogyakarta - Siapa bilang memodifikasi sebuah mobil hingga menjadi seorang juara membutuhkan dana hingga ratusan juta rupiah. Hal tersebut diakui oleh Yoga Permana Denta.

Yoga bukanlah 'orang biasa' namun merupakan pemenang kategori King Elegant dari ajang kontes modifikasi mobil terkemuka di tanah air, Clas  Mild Accelera Auto Contest untuk kota Yogyakarta.

"Modifikasi tidak harus punya dana besar, karena yang pentingkan idenya," ujar pemuda yang bekerja sebagai marketing eksekutif ini.

Hal tersebut dibuktikan Yoga ketika merombak Honda Genio lansiran tahun 1994 yang dimilikinya. Dengan ide di kepalanya, mobil sedan lawas ini pun menjadi laksana sebuah sedan mewah berharga ratusan hingga miliaran juta.

"Di sini manajemen sangat penting, kita harus berhitung dengan dana segini harus bisa modifikasi apa saja, tapi tetap jangan lupa sama keselarasan modifikasinya," papar Yoga.

Untuk bagian eksterior, Yoga melakukan beberapa penyempurnaan untuk si Genio. Lampu depan asli Genio dibuang dan diganti dengan lampu Honda All New Civic yang kemudian berpadu apik dengan grill milik Mercy, begitu pula dengan lampu belakang yang menggunakan Honda New Accord.

Sementara untuk bodi kit, Yoga sengaja membuatnya secara kostum dengan wide body hingga 5 cm. "Dan agar semakin mewah maka saya pasang sunroof dari Webasto Hollandia juga maskot DAD di kap mesin depan sama emblem DAD di bodi belakang,"
jelas yoga.

Melirik ke bawah, kaki-kaki Genio ini pun ternyata sudah tidak ada yang asli. Untuk pelek, Yoga menggunakan pelek Visconti berukuran 19 inchi yang berpadu dengan ban Pirelli berukuran 215/35/19 dibagian depan dan 245/35/19 di bagian belakang dengan tapak belang yakni 8,5 inchi di depan dan 9,5 inchi di belakang.

Selanjutnya kaki-kaki tersebut disokong oleh airsuspension 2 titik yang dirancang dan dibuat Yoga secara kostum.

Itu baru bagian luar, coba masuk ke dalam kabin, niscaya nuansa mobil tahun 90an sudah tidak lagi terasa.

Karena jok, dashboard dan plafon mobil ini sudah dilapisi Yoga dengan bahan semi kulit dari Autoleder yang semakin terlihat menawan berkat aplikasi woodpanel.

Tidak hanya itu, berbagai pernik buatan DAD seperti shift knob hingga parfume dan mini bar dari DAD pun Yoga sematkan untuk membuat aura kemewahan makin terpancar.

Dengan itu semua, menjadi penumpag mobil ini tentu jadi sangat mengasyikan. Terlebih Yoga pun juga memanjakan penumpangnya dengan berbagai fitur hiburan seperti empat unit TV 7 inci yang kemudian didukung oleh perangkat audio seperti head unit, tweeter dari SB Skuart, power 5 channel dari Lazar dan audio
line 4 channel.

Kesemua perangkat tersebut kemudian mendukung dentuman dari 2 buah subwoofer Performa yang memiliki diameter 12 inchi lalu di tunjang oleh kapasitor bank 1 farat dari Interfance.

"Untuk semua modifikasi itu saya cuma butuh waktu 6 bulan dan dana hanya 50 juta. Hasilnya, mobil ini khusus untuk kontes dan berhasil menang kan," ujarnya bangga.
(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com