Kamis, 20 Nov 2008 10:57 WIB

Pojok Modifikasi

Yamaha Scorpio Berasa Alien

- detikOto
Jakarta - Pengaruh film saat ini memang sudah merasuki sebagian besar fikiran anak-anak, namun tidak jarang pengaruh itu merasuki fikiran orang dewasa. Begitu inginnya melhiat alien look pada motornya, Mawan mun melakukan permak cat.

Kali ini yang menjadi korban adalah Yamaha Scorpio yang dimilikinya sejak tahun 2005. Pemuda warga Jl. Kampung Rawa Rt 12 Rw 01 No. 22 Jakarta Pusat ini lantas menghubungi sepupunya, Kodoy pada awal tahun 2007. Kebetulan Kodoy ini seorang painter handal.

Pengerjaan pun dilaksanakan. Body di-poxy ulang menghilangkan cat lamanya, setelah itu barulah dicat dasar dengan menggunakan cat warna biru metalik, ungu candy dan hitam. Setelah itu baru pembentukan objek disertai penyemprotan cat pada objek dengan air brush dengan pembuatan pola anatomi alien.

Usai menunggu beberapa saat, setelah itu Kodoy melakukan penyiraman warna pada bodi alien kepada objek yang akan ditentukan. Ini untuk pendetilan gambar objek agar gambar terlihat lebih jelas. Pencahayaan tiga dimensi dilakukan agar terlihat efek 3D pada karakter alien. Finishing terakhir dilakukan penajaman garis tepi alien untuk memperjelas guratan pada tubuh alien.

Setelah hal itu clear, dilakukan upaya pe-mernish-an sebanyak 7 kali. Hal ini dilakukan agar gambar pada bodi motor tersebut tidak cepat pudar dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Usai itu, motor didiamkan atau keringkan objek selama 3-4 hari hingga tahapan terakhir yaitu pemolesan bodi.

Nampaknya Mawan tidak cukup puas dengan cat air brush tampilan alien saja. Melainkan pria yang juga hobby ngutak-ngatik motor ini melakukan perubahan pada bagian-bagian yang kiranya menopang tampilan alien pada motornya. Antara lain kepala headlamp Ninja KRL, berikut Stang GL 100 yang ia cokokan pada motornya.

Untuk bagian pengereman, Mawan menaruh rem milik Ninja trailer pada system pengereman depan, dan untuk system pengereman belakang ia gunakan disc PSM yang disesuaikan dengan kaliper bawaan Yamaha Scorpio. Sementara pada bagian ban depan, ia gunakan ban battlax 90/80/17 dan pada ban belakang yang ia gunakan adalah ban batllax 120/70/17 yang berfungsi untuk memantapkan langkah tunggangannya.
(syu/tbs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com