Kamis, 07 Mei 2020 13:06 WIB

Kreatif! Siswa STM Sulap Tumpukan Kardus Jadi Replika Honda Super Cub 100

Luthfi Anshori - detikOto
Replika Honda Super Cub 100 dari kardus Replika Honda Super Cub 100 dari kardus.Foto: Honda Jepang
Jakarta -

Banyak cara bisa dilakukan untuk memanfaatkan kardus bekas yang tidak terpakai. Contohnya seperti yang dilakukan sekelompok siswa dari Sekolah Tinggi Teknik Hachimanhama, di Yawatahama, Jepang. Mereka menyulap kardus bekas menjadi replika sepeda motor, Honda Super Cub 100.

Dikutip dari laman Honda Jepang, proses kerajinan tangan ini dibuat oleh 6 orang siswa dari jurusan seni. Mereka memanfaatkan kardus bekas yang ada di gudang sekolah dan membeli langsung di toko. Perlu setidaknya 50 kotak kardus untuk membuat replika Honda Super Cub dengan skala 1:1.

Replika Honda Super Cub 100 dari kardusReplika Honda Super Cub 100 dari kardus Foto: Honda Jepang

Tentunya bukan hal mudah untuk membuat replika sepeda motor yang memiliki banyak komponen. Para siswa itu, terlebih dahulu menggambar polanya di kardus bekas. Setelah pola terbentuk, kardus-kardus itu kemudian dipotong menggunakan gergaji benang.

Seorang siswa mengatakan jika proses pengerjaan replika ini dimulai dari pembuatan roda. Ban dan pelek diutamakan karena cukup mudah dibuat. Untuk memperkuat pelek jari-jari, mereka melapis kardus dengan kayu agar bisa menopang ban dengan baik.

Replika Honda Super Cub 100 dari kardusReplika Honda Super Cub 100 dari kardus Foto: Honda Jepang

Jika dilihat secara keseluruhan, proses pengerjaan ini tampak detail. Khususnya di bagian setang, pedal transmisi, tuas rem, hingga pijakan kakinya. Tidak hanya itu, bagian joknya juga bisa dibuka dan di bawahnya terdapat tangki bahan bakar dan penutup yang bisa dibuka pula.

Proses pembuatan replika Honda Super Cub 100 ini memakan waktu hingga 3 bulan. Para siswa tersebut memamerkan hasil karyanya pada sebuah festival budaya tahunan yang digelar di sekolahnya.

Replika Honda Super Cub 100 dari kardusReplika Honda Super Cub 100 dari kardus Foto: Honda Jepang


Simak Video "Motor Custom Made in Napi Nusakambangan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com