Kamis, 27 Feb 2020 10:39 WIB

Sembarangan Dimodif, Yamaha Xmax Ini Ambyar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha XMAX Ilustrasi Yamaha Xmax. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta -

Modifikasi kendaraan bermotor kesayangan menjadi cara seseorang dalam menyalurkan hobinya. Tapi, jika modifikasi kendaraan tidak memperhitungkan segala hal, maka akan berakibat fatal.

Sembarangan memodif kendaraan justru bisa membuat kendaraan tersebut rusak. Seperti dialami pemilik Yamaha Xmax di Malaysia ini, motornya ambyar karena sembarangan menggunakan suku cadang modifikasi.

Dalam video yang diunggah akun instagram @seventyone71.performance, terlihat crankcase CVT Yamaha Xmax itu pecah. Perangkat lowering kit atau penyambung shock breaker belakang menjadi biang keladinya.

"Jangan pakai bracket ini. Ini (crankcase CVT) patah. Ini (lowering kit) dipasang, berat sedikit, menghantam lubang, terus patah. Garansi tidak ada walaupun motor baru tidak bisa klaim garansi," kata pria dalam video tersebut.

Dengan perangkat lowering kit, ketinggian motor bisa lebih rendah sedikit. Namun, tumpuan shock breaker menjadi bergeser agak ke belakang.

Dengan beban berlebih, tumpuan tersebut menyebabkan crankcase CVT Yamaha Xmax ini pecah. Jika sudah pecah seperti ini, perbaikannya cukup mahal karena perlu mengganti crankcase assy.

Melihat daftar harga di aplikasi Yamaha Part Catalogue, satu unit crankcase assy Yamaha XMAX dibanderol Rp 1 juta lebih. Itu baru harga suku cadangnya, belum termasuk biaya pemasangannya.

Jadi, kalau tak mau mengeluarkan biaya yang banyak, sebaiknya pemilik kendaraan lebih bijak dalam memodifikasi tunggangannya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Motor Custom Made in Napi Nusakambangan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com