Selasa, 29 Okt 2019 17:22 WIB

Mau Bikin Motor Kustom, Berapa Ongkosnya?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Bikeexif Foto: Bikeexif
Jakarta - Motor kustom kian dilirik kalangan bikers sebagai opsi, agar tunggangan harian tidak terlihat pasaran. Bicara jenis motor kustom terbagi beberapa aliran, seperti Chopper, Scrambler, Cafe Racer, dan Flat Tracker.

Bagi detikers yang tertarik untuk memodifikasi motor standar menjadi motor kustom, perlu menyiapkan uang tak sedikit. Minimal Rp 15 juta.



"Biaya modifikasi kalau di tempat kami mulai Rp 15 juta ke atas," terang builder Insan Motor Bekasi Yustinus Erwan Santoso, kepada detikcom, Senin (28/10/2019).

Biaya tersebut untuk modifikasi dengan aliran Japstyle, Cafe Racer, atau Scrambler. Untuk aliran Chopper lebih mahal lagi, sebab harus menggunakan rangka kustom yang benar-benar baru.



"Di atas Rp 25 juta sampai Rp 30 juta. Itu Chopper," lanjut pria yang akrab disapa Yoes.

Biaya tentunya bisa membengkak jika konsumen ingin spek kelas wahid, seperti ban, pelek merek ternama, atau suspensi depan model upside down.

"Kalau untuk lama pengerjaan 3 sampai 4 bulan untuk model Chopper dan Cafe Racer. Untuk model lain (Scrambler, Japstyle) standarnya 2 bulan," pungkas Yoes. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com