Selasa, 29 Okt 2019 13:42 WIB

Mengenal Lagi Aliran Motor Kustom

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: pool (bikeexif) Foto: pool (bikeexif)
Jakarta - Tidak hanya motor Chopper seperti yang dimiliki Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dalam dunia modifikasi motor ada beberapa jenis aliran. Mulai dari Scrambler, Cafe Racer, Japstyle, Brat, Bobber, Board Tracker, hingga Flat Tracker.

"Untuk motor Chopper punya ciri khas model stang menggantung, posisi jok lebih rendah serta jarak sumbu roda (wheelbase) lebih panjang," kata builder Insan Motor Bekasi, Yustinus Erwan Santoso, kepada detikcom.

Ciri khas lain dari Chopper adalah bentuk rangka yang dibuat khusus. Rangka bawaan dicopot, untuk digantikan rangka kustom, yang kemudian dipasang mesin motor standar pabrikan.

Motor ChopperMotor Chopper Foto: Rizki Pratama/detikOto




"Terus yang kedua, aliran bobber. Modifikasi ini karakternya lebih berotot. Pakai profil ban yang gendut, posisi stang normal, dan posisi duduknya rendah kayak Chopper," lanjut pria yang akrab disapa Yoes.

Aliran modifikasi selanjutnya, yakni gaya Japstyle. Sesuai namanya aliran tersebut berasal dari Jepang dan ciri khasnya seperti seri Honda CB.

"Tapi dengan sedikit penyesuaian, tangkinya dibuat kecil dan joknya rata," terangnya lagi.

Menurut Yoes aliran Japstyle ini agak mirip dengan aliran Scrambler. "Kurang lebih sama, seperti gaya Scrambler. Cuma kalau Scrambler, dia pake ban tahu atau semi trail yang buat jalan raya," kata Yoes.

Motor BobberMotor Bobber Foto: Rizki Pratama




Ciri khas lain dari motor Scrambler posisi knalpot biasanya diletakan di atas berdempetan dengan bodi.

Kemudian aliran motor kustom selanjutnya yakni Flat Tracker. Berbeda dengan aliran lainnya, aliran Flat Tracker bergaya trail dan digunakan untuk pemakaian di lintasan off-road.

"Flat Tracker modelnya kayak motor trail zaman dulu. Bannya lebih kotak-kotak. Jika dibandingin Scrambler, 60 persen di aspal 40 persen di tanah. Kalau Tracker, 60 persen di tanah 40 persen di aspal," terangnya.

Selain Flat Tracker, ada juga aliran Bratstyle, yang lebih nakal. "Ciri khas Bratstyle, knalpotnya, lebih ke atas. Lebih nge-brat," ungkap Yoes.

Motor Flat Tracker/ BikeexifMotor Flat Tracker/Foto: Bikeexif




Terakhir adalah Cafe Racer. Aliran kustom ini, lebih bernuansa racing, dengan penggunaan setang jepit dan jok tunggal. Selain itu ciri lainnya yakni di bagian fairing.

"Cafe Racer itu, ciri khasnya ada kedok depan. Ada yang half fairing ada yang full fairing. Yang full fairing mirip seperti motornya Gibran (anak Jokowi)," ujar Yoes.

Motor Cafe Racer milik anak JokowiMotor Cafe Racer full fairing milik anak Jokowi Foto: Rengga Sancaya




Tak hanya Cafe Racer, ada juga aliran kustom lain yang beraroma balap, yakni Board Tracker.

"Aliran ini adalah cikal bakalnya Cafe Racer. Jadi tujuannya buat balap," pungkasnya.

Simak Video "Seperti Lego, Harley Ini Dirakit dari Nol"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com