Jumat, 25 Okt 2019 12:45 WIB

Menteri Jokowi Banyak yang Muda, Harusnya Bisa Dukung Dunia Custom

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres
Jakarta - Periode kedua pemerintahan Jokowi (Joko Widodo) banyak diisi oleh wajah-wajah muda. Contohnya Menteri BUMN yang dijabat Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

Dengan cukup banyaknya wajah muda yang mengisi pos jabatan menteri, dunia custom pun berharap supaya mereka bisa mendukung berbagai aktivitas bisnis yang berkaitan dengan local creative. Baik itu motor custom, seperti helm painting, dan produk kerajinan tangan lainnya.


"Kabinet sekarang itu keren-keren banget. Apalagi menteri-menteri yang terpilih juga ada yang masih muda-muda dan punya perspektif internasional. Dan menurut aku mereka lebih paham (dunia custom di Tanah Air)," bilang pendiri Elders Garage, Heret Frasthio, di Lippo Mall, Kemang, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Menurut Heret, kreativitas lokal bangsa Indonesia harusnya bisa dilihat sebagai potensi besar oleh Pemerintah RI. Pejabat di pemerintahan bisa memberi dukungan dengan memakai produk-produk lokal, dan mempromosikannya.

"Pemerintah harusnya melihat ini sebagai kesempatan. Dan untuk sekarang sudah cukup bagus banget. Men-trigger aja udah cukup bagi kami," terang Heret.


Meski demikian, Heret mengatakan bahwa yang dibutuhkan para pelaku di bisnis local creative adalah tempat dan ruang untuk mengenalkan sekaligus menjual karya-karya mereka.

"Kami nggak terlalu berharap didukung sana-sini, yang penting dari teman-teman punya tempat dan ruang untuk menyalurkan passion. Itu sudah cukup," ujarnya.

Custom Collaboration 2019

Meneruskan kesuksesan Custom Collaboration sebelumnya di tahun 2018 lalu, Custom Collaboration 2019 hadir kembali di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Custom Collaboration 2019 diprakarsai oleh Heret Frasthio, seorang Fotografer dan brand owner dari Elders Company.

Awal mula lahirnya Custom Collaboration ini yaitu ketika Heret dengan Gentlemen's Pact (pop-up store yang didirikan dari suatu movement atau pergerakan yang memberikan dukungan serta apresiasi penuh terhadap berbagai brand/merek lokal di Indonesia) mencoba melanjutkan misinya untuk terus memberikan dampak lebih besar kepada industri lokal kreatif di
Indonesia.


Tidak hanya terbatas untuk brand/merek lokal saja tetapi juga untuk para artisan dan komunitas kreatif lainnya.

Untuk tema yang diangkat dalam Custom Collaboration 2019 kali ini yaitu bertujuan untuk menyatukan berbagai macam brand/merek lokal serta artisan/seniman yang berada di skema yang berbeda- beda seperti denim, leather, Custom Painting, Graffiti, bahkan komunitas skate dan masih banyak lainnya.

Melihat potensi dari banyaknya komunitas dan merek lokal yang saling berkolaborasi, maka hal ini menjadi salah satu inspirasi dan tujuan Custom Collaboration 2019 diadakan dan untuk terus mengembangkan serta memajukan industri lokal.

Acara ini nenghadirkan kolaborasi dari beberapa culture yang berbeda diantaranya Elders Company - Motorcycle culture, Never Too Lavish - Customizer & Street Art Culture, Twilo Skate Corner - Skateboard & Street Art Culture, Low Rider Tebet - Low Ride Culture, Urbain - Indonesia Streetwear Brand, Adit and The Bandits - Shoes Customizer.

Acara unik ini diharapkan bisa menarik pengunjung. Dan dengan adanya kolaborator yang menginisasi untuk terciptanya cross culture ini diharapkan komunitas kreatif dan merek lokal yang ada di Indonesia akan terus berkembang lebih baik dan lebih besar untuk mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat baik lokal maupun luar negeri.

Custom Collaboration 2019 akan diadakan di Lippo Mall Kemang Viilage Jakarta pada tanggal 24 - 27 Oktober 2019. Acara yang akan berlangsung selama 4 hari ini
menargetkan kurang lebih 15.000 pengunjung.

Simak Video "Upaya Turunkan Hujan, 3 Ton Garam Disemai di Langit Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com