Sabtu, 05 Okt 2019 19:15 WIB

Tampil Beda, Kustomfest 2019 Hadirkan Flat Track Race

Pradito Rida Pertana - detikOto
Foto: Pradito Rida Pertana/detikOto Foto: Pradito Rida Pertana/detikOto
Bantul - Berbeda dengan gelaran Kustomfest tahun-tahun sebelumnya, pada Kustomfest 2019 ini panitia menyelenggarakan Flat Track Race. Balapan yang terdiri dari 9 kelas ini diikuti dari kalangan umum hingga influencer.

"Untuk yang spesial dari Kustomfest tahun ini yaitu adanya flat track race di belakang JEC. Jadi nanti ada balapan dengan nuansa serius tapi santai, dan motor yang dipergunakan adalah motor kustom," kata Director Kustomfest, Lulut Wahyudi saat ditemui di Jogja Expo Center (JEC), Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Sabtu (5/10/2019).



Lulut melanjutkan, ada 98 starter yang ikut berpartisipasi dalam race tersebut. Jumlah tersebut melebihi target yang sebelumnya hanya 50 starter di hari pertama, di mana para peserta didominasi dari Jakarta.

"Yang mendasari diadakannya Flat Track Race adalah banyak builder-builder yang sekarang ini membangun motor dengan gaya tracker. Nah, kita merespon itu semua, setelah mereka membangun motor yang bagus buat diapain," ucapnya.

Kustomfest 2019Kustomfest 2019 Foto: Pradito Rida Pertana/detikOto


"Karena itu, di Kustomfest tahun ini kita coba bikin satu flat track race dengan mengadopsi aturan baku di flat track. Harapannya ini akan berkembang dan jadi olahraga baru di dunia kustom," imbuh Lulut.

Sementara itu, Kustomfest Flat Track Race Director, Yayack Priyo Wibowo mengatakan, bahwa flat track race sendiri berhubungan dengan dunia kustom. Mengingat para motor yang digunakan adalah motor kustom.

"Ada 9 kelas yang dilombakan termasuk special class yang berisikan para influencer. Untuk kelas umum sendiri ada 8, seperti horizontal engine, vertical engine, vintage v engine dan vintage bike," katanya.



Terkait lintasan, Yayack menjelaskan bahwa lintasan yang digunakan berbentuk oval dengan panjang 160 meter, serta memiliki lebar 5 meter. Selain itu, kontur lintasan berupa tanah dan bukan terbuat dari aspal.

Sedangkan untuk teknis flat track race sendiri, Yayack menyebut untuk setiap kelas terdiri dari 2 race, di mana babak penyisihan 5 lap dan babak final 7 lap.

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com