Sabtu, 05 Okt 2019 17:57 WIB

Pesan Khusus untuk Kaum Milenial Melalui Motor Modif 'Ontoseno'

Pradito Rida Pertana - detikOto
Foto: dok. Kustomfest Foto: dok. Kustomfest
Bantul - Gelaran Kustomfest tak pernah lepas dari keberadaan lucky draw, seperti halnya Kustomfest 2019 ini, di mana panitia menyediakan satu unit motor bernama Ontoseno. Motor dengan gaya tracker ini memiliki pesan khusus agar generasi milenial memaknai jiwa pengorbanan dalam meraih suatu tujuan.

Director Kustomfest, Lulut Wahyudi mengatakan, pemilihan nama Ontoseno untuk lucky draw Kustomfest 2019 bukan tanpa alasan. Menurutnya, pemberian nama tersebut terinspirasi dari tokoh pewayangan yang kurang terekspos namun berperan penting dalam kemenangan Pandawa saat perang Baratayuda.



"Dalam pewayangan ada suatu tokoh yang kurang terkenal, dia anak dari Bima atau Werkudara, anaknya ini (Ontoseno) kurang terekspos, tapi dia kunci kemenangan Pandawa dalam perang Baratayuda," ucapnya saat ditemui di Jogja Expo Center (JEC), Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Sabtu (5/10/2019).

Di mana dalam kisah pewayangan itu Ontoseno ingin ikut dalam peperangan Baratayuda. Namun, sang Dewa tidak mengizinkannya, karena keinginannya tidak diizinkan maka Ontoneso lebih memilih mengorbankan dirinya dengan muksa atau menghilang.

Modifikasi OtosenoModifikasi Otoseno Foto: dok. Kustomfest


"Jiwa pengorbanan Ontoseno ini yang ingin disampaikan. Karena di era milenial ini sudah jarang kita temui orang-orang yang memiliki jiwa pengorbanan, dan kami ingin menghadirkan ke generasi muda, khususnya dunia kustom," ucapnya.

Lanjut Lulut, Ontoseno sendiri adalah motor Triumph T140 berkapasitas mesin 750 cc. Motor tersebut bukanlah motor baru melainkan rebuild dengan mengusung konsep tracker.



Sedangkan di bagian tanki bahan bakar, ia memberi motif kotak-kotak hitam putih sebagai representasi wujud Ontoseno yang kerap berbalut motif kotak-kotak dalam pewayangan.

Perlu diketahui, pengunjung memiliki kesempatan untuk mendapatkan Ontoseno dengan cara membeli tiket masuk ke Kustomfest seharga Rp 60 ribu. Nantinya, tiket masuk pengunjung akan diundi saat akhir acara Kustomfest, Minggu (6/10/2019).

Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com