Selasa, 24 Sep 2019 18:41 WIB

Unik, Honda Monkey Ini Dibuat dari Mesin Print

Ridwan Arifin - detikOto
Honda Monkey Foto: pool Honda Monkey Foto: pool
Jakarta - Perusahaan motor asal Perancis, VIBA, melakukan sebuah eksperimen, membuat body Honda Monkey dengan menggunakan metode printer 3D. Motor yang kemudian dipanggil Jane ini mendapat body baru berbahan aluminium di beberapa sektor.



Komponen hasil cetakan printer itu ditempatkan antara lain di bagian tangki, rem cakram, tuas kopling, dan rak bagasi depan, termasuk spatbor. Warna yang digunakan adalah silver atau abu-abu.

Modifikasi Honda MonkeyModifikasi Honda Monkey Foto: pool


Bagaimana VIBA membuat Honda Monkey modifikasi ini?

Dalam istilah awam, Honda Monkey VIBA dibuat dengan melibatkan ribuan lapisan kecil yang kemudian digabung menjadi sebuah produk utuh.

Produk ini tentunya melibatkan penggunaan komputer dan perangkat lunak CAD. CAD punya tugas khusus menyampaikan pesan ke printer sehingga bisa mencetak dalam bentuk yang diinginkan.



Keuntungan dari metode ini bisa meminimalisasi waktu untuk proses kontruksi, sekaligus mengurangi biaya. Protipe ukuran penuh bisa cepat dibuat dan langsung diuji cobakan.

Print 3D juga membuat modifikator leluasa untuk membentuk desain bodi motor. Dan jika ada sedikit kerusakan, juga lebih mudah diperbaiki dengan cara cetak ulang.

Simak Video "Honda Monkey, Si Mungil yang Dibanderol Rp 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com