Sabtu, 17 Agu 2019 13:40 WIB

Amankah Jok Motor yang Dimodif Ekstrim?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Berbicara modifikasi memang tak ada batasnya. Bahkan dalam kontes MBTech Online Design Contest Riding With Style Awards 2019 muncul hasil modifikasi yang di luar dugaan.

Mulai dari bentuk hewan bersayap, wajah tokoh film sampai objek-objek unik lainnya diterapkan ke sebuah jok motor. Namun apakah jok motor yang berundak-undak secara berlebihan itu aman digunakan?

Jok motor Jok motor Foto: Rizki Pratama


Menurut Manager Digital Creative Division MBtech, Edi Pamungkas modifikasi dalam kontes pun tetap menilai fungsi utamanya.

"Tergantung bentuknya tapi kita kalau penilaian harus fungsi dan kenyamanan kita nilai juga seerti karena ada yang buat berbentuk rumah, nggak bisa diduduki. Padahal bagus banget tapi nggak bisa didudukin, ya sudah kita skip kadi harus bisa fungsi jok dan kenyamanan," jelas Edi.

Selain fungsinya kontes modifikasi yang diselenggarakan MBTech itu memiliki kriteria penilaiannya sendiri. Mulai dari perubahan bentuk, paduan warna, kebersihan dan kenyamanan.

"Kreativitas desain figur itu bentuknya berubah, terus garis misal nggak pakai figur tapi pakai garis perpaduan jahitan, kemudian kebersihan, kenyamanan, pemilihan warna dan share Facebook 20 persen," papar Edi.

Pada kontes kali ini dapat ditemukan berbagai bentuk yang unik. Bahkan ada jok motor yang berbentuk badan pesawat. Sayangnya karena terlalu ekstrem dan kurang nyaman untuk duduk jadi tidak masuk dalam nominasi pemenang.

Bukan berarti ada modifikasi ekstrim ada jok tak bisa diaplikasikan pada motor. Buktinya pemenang kontes ini mengusung bentuk jok yang mengombinasikan berbagai suspensi.

Jok Motor dalam kontes MBtechJok Motor dalam kontes MBtech Foto: Rizki Pratama


Konturnya pun cukup ekstrim namun masih menyediakan permukaan rata untuk duduk.

Simak Video "Honda Civic 2007 Raih Tropi King Tuners, Ini Kehebatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com