Sabtu, 15 Jun 2019 17:24 WIB

Modifikasi BMW R100RS Bergaya Street Tracker, Gahar Abis!

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi BMW R100RS Bergaya Street Tracker Foto: Pool (Bikebound) Modifikasi BMW R100RS Bergaya Street Tracker Foto: Pool (Bikebound)
Jakarta - Dave punya cara menarik menghidupkan kembali motor jadulnya, BMW R100RS supaya menjadi tunggangan yang keren dan bergaya. Ia mengubah motor bekas veteran event Scram Africa tersebut dengan konsep Street tracker.

Dave menggunakan basik motor BMW R100RS, buatan antara 1976-1984. Motor ini dibekali mesin 980cc dengan konfigurasi legendaris airhead flat twin engine. Tenaganya diklaim mencapai 70 dk.



Sebagai info, RS adalah versi sport atau grand touring dari ikon R100. Ciri- cirinya, ada fairing integral yang cukup radikal, mulai dari bagian fascia, hingga menyelimuti bagian mesin.

Ketika mendapati motornya mogok di ajang Scram Africa, Dave berpikiran untuk sekalian memodifikasi motor tua ini. Dia pun menyerahkan pengerjaan modifikasi ini kepada sebuah bengkel, dan Dave memilih konsep Dirt Tracker atau Street Tracker.

Setelah lima bulan pengerjaan yang menguras energi, motor ini akhirnya lahir kembali sebagai sebuah identitas baru. Motor ini seutuhnya digarap oleh Fuel Bespoke Motorcycles dari Spanyol.

Bengkel ini dibentuk sejak 2012. Dan mulai menerima banyak order modifikasi. Bengkel ini juga mulai membuat sepeda motor sendiri untuk pergi ke aktivitas Scram Afrika.

Modifikasi BMW R100RSModifikasi BMW R100RS Foto: Pool (Bikebound)


"Dave bergabung dengan kami untuk Scram Africa tahun lalu, tetapi motornya rusak. Jadi ketika perjalanan berakhir, dia memberikannya kepada kami untuk diperbaiki dan diubah," kata pihak Fuel Bespoke Motorcycles.

Sesuai konsep modifikasinya, motor ini mendapat ubahan radikal di sejumlah komponennya. Konsepnya memiliki tangki ukuran kompak, jok tunggal, dan pipa knalpot yang tinggi.



Dari pengamatan, BMW R100 Street Tracker ini dibekali sok teleskopik depan dan sokbreker ganda di belakang. Dua rodanya pakai pelek palang yang menyerupai jari-jari, berwarna metalik, dibalut ban semi off-road.

Motor modifikasi ini juga sudah dilengkapi rem cakram yang lebih besar, dan sudah pakai kaliper 4 piston. Ubahan lain, filternya pakai K & N, karburator Mikuni, sokbreker Ohlins, dan sistem starter dengan tombol. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com