Selasa, 30 Apr 2019 09:36 WIB

Dari Barang Loak, Tomcat Sabet Jawara Modifikasi

Ridwan Arifin - detikOto
Tomcat, modifikasi motor dari barang rongsokan. Foto: Ridwan Arifin Tomcat, modifikasi motor dari barang rongsokan. Foto: Ridwan Arifin
Pekanbaru - Barang rongsokan mungkin tak bernilai bagi sebagian orang, namun di tangan modifikator lokal asal Pekanbaru ini seolah terbantahkan. Lewat motor C50 garapannya, dia berhasil menyabet jawara regional Honda Modification Contest 2019 seri Pekanbaru untuk kelas All Stock and Advance < 2006.

Tak ingin tampil adanya, ia rela merombak tongkrongan klasik C50 motornya dengan tema choppy cub yang dipanggil Tomcat. "Motor ini saya panggil Tomcat, ya nggak ada alasannya kenapa ingin beri nama itu aja," ucap Aldi Andes Bintaro di Pekanbaru, Riau.



Berawal dari iseng semata, ternyata hasil karyanya mampu memikat para juri. Pun yang dibuat terkagum-kagum sebab Aldi kebanyakan menggunakan dari bahan besi kiloan.

"Sebenarnya saya ikut cuma iseng-iseng aja kan, kebetulan saya punya bengkel sendiri di rumah, cuma saya kemarin itu mendapat (motor) dari barang loak rongsokan lengkap sama mesin-mesinnya," ujar Aldi.

"Rangka standar, mesin Honda Win, knalpot custom, stangnya rakit dan ngelas sendiri," jelas Aldi.



Ia pun tak bisa menguraikan berapa banyak dana yang pasti dihabiskan untuk memodifikasinya. Waktu pengerjaan modifikasi Honda C50 ini juga tidak bisa setiap saat, karena hanya dikerjakan selagi luang. Alhasil, butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikannya.

"Habis (biaya) gimana ya, kan kita beli dari barang rongsokan, kadang kalau mereka tahu harga dipatoknya, kebetulan kemarin beli kiloan waktu pas buka gudang," katanya.

Selain itu, agar sesuai tema, setang dirombak. Dan lebih segar, cat asli yang sebagian mulai keropos dikerok dan dilabur ulang dengan warna coklat. Ia pun mengatakan C50 miliknya hanya ingin membuktikan bahwa modifikasi motor jadul tidak hanya bermain original.

Dari Barang Loak, Tomcat Sabet Jawara Modifikasi
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed