Senin, 24 Des 2018 07:55 WIB

Honda Supra Fit Jadi 'Bondol' di Surabaya

Deny Prastyo Utomo - detikOto
Honda Supra Fit Foto: Deny Prastyo Utomo/detikOto Honda Supra Fit Foto: Deny Prastyo Utomo/detikOto
Surabaya - Ada yang menarik dalam kontes modifikasi dalam acara Nongkrong Bareng TOTAL di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (23/12/2018) kemarin. Betapa tidak, motor Honda Supra Fit keluar tahun 2005 disulap menjadi motor tongkrongan ala Inggris.



Motor yang berbasis Honda Supra Fit 2005 tersebut disulap oleh dua bersaudara asal Kabupaten Gresik, menjadi tunggangan yang lagi tren saat ini. Mereka ialah Mohammad Sholeh Amin (32) dan Muhammad Rohman Hidayatullah (25).

Mohammad Sholeh atau yang akrab dipanggil Edo mengatakan motor yang ia beli seharga Rp 5 Juta tersebut, banyak dilakukan perombakan total. Namun ia mengaku tidak mengubah mesin aslinya.



"Tidak semua saya rombak. Kami hanya menyisakan mesin dan rangka asli. Saya terinsipirasi ingin membuat konsep caferacer dan gaya retro modern," kata Edo kepada detikcom, Minggu(23/12/2018).

Edo mengaku ia melakukan perubahan pada ban depan dan belakang, kemudian jok, velg serta stang motor.

"Untuk ban kita gunakan Hubless wheel ukran 2.25 ring 17, lampu depan pakai daymaker. Banya sendiri depan belakang pakai hubless wheel ukran 2.25 ring 17 dan karburator masih standart," kata Edo.



Diakui Edo, meski mesinnya masih standar, ia juga sedikit melakukan perubahan pada mesin motor bebek miliknya itu.

"Untuk mesin, cuman ngerubah kopling hidrolis saja, untuk yang lainnya banyak perubahan," ujat Edo.

Motor bebek berkonsep Caferacer tersebut, Edo mengaku sudah menghabiskan Rp 15 Juta. Dari biaya tersebut yang paling mahal untuk membeli master rem depan sama master kopling hidrolik.

Modifikasi MotorModifikasi Motor Foto: Deny Prastyo Utomo/detikOto


"Kenapa begitu, Karena harus beli, karena tidak bisa buat sendiri. Untuk yang lain saya buat sendiri," kata Edo sekaligus pemilik bengkel Bebek Custom di Gresik itu.

Selain itu, ada yang menarik pada motor ini, pemiliknya sengaja memilih warna tegas kuning. Dibagian belakang jok juga terlihat corak gambar donald duck.

Tapi tak disangka, meski hanya motor modifikasi, motor ini juga dilengkapi dengan shock belakang yang bisa naik turun.

"Kelebihan motor ini ialah memiliki shock belakang bisa naik turun secara elektrik," ungkap Edo. (bdh/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed