Senin, 08 Okt 2018 08:50 WIB

Tak Cuma untuk Difabel, Motor Roda Tiga Jadi Pilihan Emak-emak

Ridwan Arifin - detikOto
Motor Roda Tiga untuk Disabilitas. Foto: Ridwan Arifin Motor Roda Tiga untuk Disabilitas. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Motor beroda tiga merupakan salah satu produk andalan karya Catur Bambang yang bengkelnya bermukim di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan. Keunggulannya, riders tidak perlu lagi menyeimbangkan kendaraan, tinggal duduk saja dan gaspol.

Memang motor tersebut biasanya dibuat khusus untuk difabel, tetapi Catur juga mengungkapkan bahwa motor beroda tiga jadi pilihan emak-emak yang kurang andal dalam berkendara.



"Kaum ibu yang tidak bisa naik motor sangat cocok untuk mereka, dan kita mendesain sesuai kebutuhannya, banyak kok yang udah pakai, ini ada 7 motor pesanan yang belum dikerjain, karena kan harus urut antrean," ungkap Catur kepada detikOto.

Melihat simpelnya bentuk dan mudahnya pengoperasian sepeda motor ini, tak heran kaum ibu menyukai motor tiga roda seperti ini.

Modelnya sendiri ada beberapa jenis, untuk motor matic atau manual dengan sespan dua roda belakang dan tanpa menggunakan sespan. Tapi kebanyakan ibu-ibu lebih memilih tanpa sespan karena untuk mobilitas sehari-hari.



Bicara soal harga, Catur mengatakan untuk modifikasi roda tiga berada di angka Rp 7,5 juta-Rp 12 juta. "Tapi kalau tambah atret (gigi mundur) bisa sampai Rp 15 juta," terang Catur.

Tentang keamanan motor besutan Catur ini selalu jadi prioritas utamanya. Dari pemilihan bahan serta presisi bentuk sedari 14 tahun selalu mendapat respons positif.

Malahan konsumen sendiri yang hendak meminta yang aneh-aneh. "Ada saja minta bannya jadi empat, terus ditambah atap biar nggak hujan atau kepanasan, kita tolak secara halus karena kan waktu dan dananya perlu diperhatikan lagi," ujar Catur.




Tonton juga 'Wow! Ada Ojek Disabilitas di Asian Para Games 2018':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed