Selasa, 02 Okt 2018 20:04 WIB

Mengukir Batik di Part Motor Butuh Waktu Minimal Sebulan

Ridwan Arifin - detikOto
Tangki motor yang sudah didesain dengan batik Foto: Ridwan Arifin Tangki motor yang sudah didesain dengan batik Foto: Ridwan Arifin
Depok - Otolovers, batik tidak hanya diaplikasikan pada fashion saja lho, industri kustom motor pun ikut meramaikan kehadiran batik. Selain teknik pengecatan air brush, ngebatik juga bisa diukir atau engrave pada bagian plat yang berbahan alumunium atau plat.

Sudah pasti motor kustom yang berkelir batik dengan teknik ukir punya khas sendiri. Saat diraba pun ada tekstur tidak merata yang menambah nilai estetika.
Eits meski bakal keren, ternyata untuk membuatnya perlu waktu yang tidak sebentar. Seperti yang dikatakan Luqman, pemilik bengkel Victorius Custom Works yang bermarkas di Jl. Caringin, Kp. Kekupu, RT 04/05 Rangkapan Jaya Pancoran Mas Depok.

"Di sini hanya menerima pesanan, nanti kita lempar ke seniman artisnya di Bandung, nama Facebook-nya Ato Bastyan, jadi saya tidak tahu persis alat yang digunakan seperti apa," ungkap pria asal Garut ini.


Kendati pengukiran tidak diproduksi di bengkelnya, terkadang ada saja produk lain seperti alat musik gitar biola dan sebagainya. "Ada orang datang ke sini bawa gitar, biola pingin diukir, saya langsung kasih kontaknya ke Ato kan dia punya bengkel di Bandung namanya Rockz 99, tapi orang yang resep seni pasti nyari," jelas Luqman

Untuk mendapatkan barang ternyata tidak membutuhkan waktu yang sebentar. "Biasanya minimal dari pemesanan hingga barang datang waktunya sebulan setengah barang sampai sini," tuturnya.



Menurutnya proses pengerjaan memang tidak sembarangan. Pasalnya semakin banyak motif berkaitan dengan ukuran dimensi yang dikerjakan. "Kalau semakin kecil maka pengerjaan tentu makin sulit karena dituntut untuk lebih berhati-hati," ungkapnya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com