Selasa, 02 Okt 2018 18:42 WIB

Hari Batik Nasional

Ini Bagian Motor yang Bisa Diukir Batik

Ridwan Arifin - detikOto
Tangki Motor Batik. Foto: Ridwan Arifin
Depok - Corak batik yang menempel pada bagian motor biasanya diaplikasikan dengan teknik pengecatan airbrush. Nah ada yang berbeda nih Otolovers, ternyata ada cara lainnya dengan teknik mengukir atau istilahnya engrave.

Salah satu bengkel kustom yang menyediakan adalah Victorius Custom Works yang bermarkas di Jl. Caringin, Kp. Kekupu, RT 04/05 Rangkapan Jaya Pancoran Mas Depok.

Dalam pantauan, bengkel tersebut juga menyediakan kustom motor beraliran Japstyle, bradstyle, caferacer, hingga chopper.



Menurut pemilik bengkel, Lukman teknik ukir pada modifikasi di bengkelnya memiliki khas dan nilai seni tersendiri.

"Misalnya tangki ini menujukan kolaborasi dari kustom dan budaya khas Indonesia dengan aksen batik kan yang bisa menambah juga estetika," tuturnya kepada detikOto.



Ia mengatakan bahwa bahan terbaik dari segi keawetan tangki untuk diukir adalah alumunium. Beberapa part lain juga bisa asalkan berbahan dasar plat.

"Ada beberapa bagian yang bisa diukir, seperti bak kopling, tutup rantai, blok mesin kiri dan kanan, dan kalau tangki yang kita jual itu bahannya alumunium jadi nggak gampang keropos," ungkapnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com