Senin, 17 Sep 2018 10:34 WIB

Dari Tak Bisa Jalan, Harley Ini Dimodif Jadi Motor Roda Tiga

Rizki Pratama - detikOto
Harley-Davidson Modifikasi Roda Tiga. Foto: Rizki Pratama Harley-Davidson Modifikasi Roda Tiga. Foto: Rizki Pratama
Tangerang - Ide kreatif untuk modifikasi motor memang tidak ada habisnya. Mulai dari bergaya klasik hingga futuristik, gaya Amerika atau gaya Jepang. Berbagai macam variasi telah diimplementasikan oleh sejumlah pemilik motor dan modifikator motor. Modifikasi pun bisa dilakukan hampir di semua sisi motor, mulai dari tampilan luar saja, rangka, hingga dapur pacu sesuai dengan selera yang diinginkan.

Salah satu hasil modifikasi yang cukup unik adalah motor Harley-Davidson Fatboy Tahun 91 yang dirombak habis-habisan oleh Ignatius Hendra atau yang lebih dikenal dengan nama Bingky. Harley ini disulap Bingky menjadi kendaraan roda tiga.



"Basicnya itu Harley tipe Fatboy tahun 91 yang saya ambil dalam kondisi sudah tidak bisa jalan. Seseorang sudah nggak pakai itu motor lagi kita ambil alih dan perbaiki mesinnya. Setelah bisa jalan barulah kita bikin bodinya," ujar Bingky yang ditemui pada Acara Unity X Parjo di lapangan parkir ICE, BSD City, Tangerang Selatan, akhir pekan kemarin.

Motor tiga roda ini dikerjakan Bingky dalam rentang waktu 4 bulan. Meskipun sistem perputaran roda belakang motor ini seperti mobil yang menggunakan gardan, Bingky mengaku tidak menggunakan komponen mobil dalam perakitannya.



"Tidak pakai komponen mobil sama sekali, kalau nggak ada komponennya ya kita bikin kayak yang bagian belakang motor ini," tambah Bingky.

Bagian belakang modifikasi Harley ini diakui Bingky sebagai bagian paling rumit untuk dikerjakan. "Karena menggunakan gardan seperti mobil giginya harus beda. Dua-duanya jalan, dan salah satu mati ketika berbelok karena jika tidak seperti itu maka motor ini tidak akan bisa belok," ungkap Bingky yang tengah melukis gambar kepala elang di helm kustom dengan tangannya sendiri.

Untuk bagian belakang tersebut Bingky merancang dan membuatnya sendiri agar bisa menghasilkan motor roda tiga yang bisa dikendarai tersebut.


Simak video Melihat Kondisi Harley Davidson Sitaan KPK (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed