Kamis, 06 Sep 2018 11:33 WIB

Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan Miskin

M Luthfi Andika - detikOto
Metamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan Miskin Foto: dok. Oji/Bengkel 128 Garace Metamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan Miskin Foto: dok. Oji/Bengkel 128 Garace
Jakarta - Perubahan yang dilakukan modifikator dalam mempermak kendaraan alias modifikasi, memang sengaja dilakukan dengan berbagai alasan masing-masing. Mulai dari tampilan berbeda dari yang lainnya, hingga tampil kece kerap dilakukan para modifikator.

Metamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan MiskinMetamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan Miskin Foto: dok. Oji/Bengkel 128 Garace


Meski demikian, ada perbedaan saat melakukan modifikasi pada Vespa klasik atau tua. Yaitu modifikasi ini bisa menjadi langkah pasti untuk bisa membuang pernyataan banyak orang yang kerap menilai Vespa tua memiliki tampilan yang dekil dan miskin. Karena untuk bisa menghidupkan satu motor klasik jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit.



Kali ini modifikasi coba dibuktikan Oji yang permak abis Vespa PX kelahiran 1980. Jika melihat dari usianya, wajar jika Vespa ini dikatakan tua. Karena motor ini sudah berusia 38 tahun. Namun siapa yang sangka, dengan sentuhan modifikasi yang tepat membuat motor ini pantas menyandang sebagai kendaraan tua-tua keladi alias makin tua makin jadi.

Metamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan MiskinMetamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan Miskin Foto: dok. Oji/Bengkel 128 Garace


"Alasan modifikasi, gw ingin merubah pola pikir, bahwa Vespa classic yang di pandang sebelah mata itu tidak ketinggalan modifikasi yang sekarang," ujar Oji kepada detikOto.

Benar saja, pembuktian Oji langsung terliat jelas pada tampilan modifikasi yang dilakukan pada Vespa PX kelahiran 1980 kali ini.

Jika dilihat dari tampilan, siapapun pasti setuju Vespa PX 1980 ini tidak kalah cantik dibandingkan dengan Vespa kelahiran tahun ini atau kalah dari motor modifikasi lainnya. Karena perubahan bisa dikatakan dilakukan pada setiap sisinya, mulai dari tampilan hingga mesin dirombak.

Jika dilihat dari tampilan yang disajikan, warna hijau yang disajikan begitu adem dan asyik untuk dilihat. Bahkan dijamin tidak ada yang menyangka motor ini sudah berusia 38 tahun.

Perubahan lain yang tidak kalah kece dan fungsional terletak pada penggunaan Pelek F.A ukuran 2.50 depan-belakang. Pelek ini langsung dikawinkan dengan ban Battlax BT39 ukuran 3.50 depan-belakang.



Saat perubahan pelek dan ban sudah dilakukan, tentu tidak akan lengkap tanpa perubahan suspensi pastinya. Supensi pun diubah menggunakan shock atau suspensi BGM tabung black series.

Lari kebagian tampilan, tidak kalah dengan warna kinclong yang dimiliki, Oji juga melakukan perubahan pada bagian penerangan yakni menggunakan lampu depan Daymaker. Selain itu penggunaan dasi spartan, handel kiri S.I.P, speedometer S.I.P New PX, Sein BGM, Hand Grip Barracuda, gas spontan Yamaha YZ, dan Floor Dek Doctor Scooter juga menambah tampilan modifikasi Vespa PX ini makin oke.

Metamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan MiskinMetamorfosis Modif Vespa Tua Buang Kata Dekil dan Miskin Foto: dok. Oji/Bengkel 128 Garace


Tidak puas sampai disitu, perubahan kecil namun bermakna juga dilakukan pada penggunaan kuncian tempong Jeep rubicon, selanjutnya perubahan juga terlihat pada bagian Stoplamp Bosatta Racer, jok singleseat custom, Serta standar satu dari S.I.P menambah tampilan makin kece.

Setelah puas mengubah tampilan, tentu tidak lengkap rasanya bagi Oji untuk tidak mempermak performa mesin. Karena perubahan tampilan akan sia-sia tnapa di dukung dengan performa mesin yang tangguh.



Pada bagian mesin perubahan terlihat dengan penggunaan Block Malossi 177, Carburator Sudco 34, pengapian motor Racing Japan, koil Yamaha YZ, Intek cutom dengan membran RX Z, dan terakhir perubahan yang tidak kalah penting yaitu perubahan knalpot PRP.

Bagaimana Otolovers? Keren kan modifikasi Vespa PX kelahiran 1980 dari Oji ini? (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed