Kamis, 19 Jul 2018 09:21 WIB

Ini Bedanya Motor Modifikasi Jokowi dan Gibran

M Luthfi Andika - detikOto
Motor Modifikasi Gibran Foto: Instagram/Alitt Susanto Motor Modifikasi Gibran Foto: Instagram/Alitt Susanto
Jakarta - Presiden Joko Widodo dan anaknya Gibran Rakabuming, sudah tidak malu untuk menunjukan hobi baru mereka, yakni permak motor alias modifikasi. Keduanya pun dinilai cukup cermat dalam memilih konsep modifikasi. Tapi otolovers tahu tidak konsep modifikasi apa yang dipilih keduanya.

Dalam pantauan detikOto, bisa dipastikan kedua bapak-anak ini memiliki selera yang berbeda, namun keduanya memiliki kecantikan.



Jika dilihat dari desain motor modifikasi Jokowi, jelas motor modifikasi ini berdarah Chopper. Jika melihat sejarah dari modifikasi ini, aliran modifikasi Chopper tidak lepas dari motor-motor besar di Amerika Serikat dan kerap diselipkan pada model-model Harley-Davidson.

Di Amerika Serikat sendiri, motor-motor bergaya Chopper ini sangat identik dengan kesan unik. Dengan memiliki single seater, mengubah sasis dan tangki memanjang. Namun perubahan yang paling sangat terlihat dan menjadi cirinya ialah stang pajang dan suspensi depan yang ikut dipanjangkan. Desain ini memaksa setiap pengendaranya harus agak meluruskan kakinya saat berkendara, namun terlihat begitu keren dan unik.

Jadi wajar, saat motor ini melintas dijamin siapapun akan meliriknya. Karena memang tampilan yang disajikan begitu berbeda dan unik.

Sekarang giliran konsep modifikasi yang dipilih Gibran. Jika dilihat dari desain yang disajikan, konsep modifikasi yang dipilih kerap disapa modifikasi Bobber.


Berdasarkan berbagai referensi yang detikOto dapatkan seperti yang tertulis dalam berbagai sumber, Bobber memang lahir lebih dahulu dibandingkan konsep modifikasi Chopper.

Konsep modifikasi Chopper sendiri mulai ramai sejak tahun 1950-an, dengan menonjolkan modifikasi ekstrem. Sedangkan untuk konsep modifikasi Bobber, modifikasi ini sudah hadir sejak 1930-an dan kerap disapa 'Bob-job'.

Jika coba diterangkan, konsep modifikasi ini awalnya merupakan konsep modifikasi dengan mengubah konstruksi, stang pendek yang menjadikan ciri khas dirinya. Termasuk membuang kelebihan body, melepas spatbor depan, memperpendek spatbor belakang, dan menghilangkan semua bagian yang berlebihan untuk mengurangi berat.


Saat melihat motor modifikasi Gibran kali ini, dirasa modifikasi ini memang mengarah bobber. Motor Royal Enfield milik Gibran tampak lebih macho. Terlebih, bagian kaki-kaki dengan ban khasnya pun membuat motor terlihat kekar.

Jok motor diubah menjadi single seat dengan gaya drop seat. Yang unik lagi adalah bagian knalpot dengan silincer yang mengarah ke atas.

Hmm, bisa menjadi reverensi otolovers dalam melakukan modifikasi nih. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed