Rabu, 18 Apr 2018 09:22 WIB

Motor Bernomor 69 Punya Gibran Diboyong ke Jakarta

Bayu Ardi Isnanto - detikOto
Motor Modifikasi Gibran Rakabuming Raka (Foto: Rich Richie Ride and Garage) Motor Modifikasi Gibran Rakabuming Raka (Foto: Rich Richie Ride and Garage)
Jakarta - Motor modifikasi putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan dipamerkan ke khalayak umum di Jakarta. Motor itu akan dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi besok Kamis (19/4/2018).

"Saya sudah izin sama mas Gibran, nanti selama pameran saya yang tanggung jawab. Ini tinggal saya cat ulang lalu saya bawa berangkat ke Jakarta," ujar modifikator motor Gibran, Eko Sutanto dari bengkel Rich Richie Ride and Garage (RRRG), Mojosongo, Jebres, Solo.

Motor Gibran yang dimodif ala cafe racer aslinya adalah Honda CB 125. Mengusung konsep vintage, motor bercat biru muda itu didesain full fairing dengan tambahan gambar angka 69.



Eko memperlihatkan motor modifikasi GibranEko memperlihatkan motor modifikasi Gibran Foto: Bayu Ardi Isnanto


"Secara umum sama seperti cafe racer lainnya. Mungkin yang bikin beda itu full fairing," kata pemilik RRRG, Eko Sutanto saat ditemui di bengkelnya, Selasa (17/4/2018).

Proses modifikasi membutuhkan waktu tiga bulan karena beberapa bagian dibuat sendiri alias handmade, misalnya tangki dan fairing yang dibuat dari pelat setebal 1,2 mm. Sedangkan bagian lain, seperti suspensi dan pelek, merupakan barang after market.

"Semuanya upgrade, kecuali rangka dan mesinnya. Otomatis nomor rangkanya tetap sama dengan STNK," ujarnya.



Menurutnya, Gibran sendiri yang memilih desain tersebut setelah berdiskusi melalui pesan singkat. Motor lawas itu pun langsung dia ambil dari garasi rumah Gibran.

"Sepertinya mas Gibran sudah punya lama, sampai sini saya cek kondisinya mati, pengapiannya mati. Mungkin lama tidak dipakai," ungkap pria yang menjalankan usaha bengkel selama 8 tahun itu.

Eko mengaku tidak mengetahui motor tersebut bakal difungsikan untuk apa. Namun menurutnya, model cafe racer paling tepat jika digunakan sebagai pajangan.

Mengenai biaya, Eko enggan membeberkan besaran uang yang dihabiskan Gibran. Tapi secara umum, kata dia, modifikasi motor di RRRG membutuhkan dana mulai Rp 15 juta. Eko menceritakan, Gibran awalnya tertarik dengan modifikasi motor serupa yang dia pajang di Instagram. Melalui akun @chillipari, Gibran berkomentar dan bertanya secara intensif kepadanya.

"Yang dikomentari mas Gibran itu motor yang saya pamerkan di IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) 2016. Saya kira itu admin usaha mas Gibran, ternyata mas Gibran sendiri," kata dia.

Berikut spesifikasi motor Honda CB 125 cafe racer full fairing milik Gibran:

  • Lampu depan H4
  • Fairinghandmade plat 1.2 mm
  • Tangki hornet handmade
  • Rangka original custom
  • Jok custom
  • Suspensi depan Tiger
  • Suspensi belakang aftermarket
  • Pelek alumunium
  • Ban IRC SP2
  • Knalpot custom
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed