Selasa, 20 Feb 2018 11:21 WIB

Knalpot Yoshimura Berlogo Akrapovic di PCX Modifikasi Ini Asli, Dibeli dari Amerika

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Knalpot Yoshimura Berlogo Akrapovic di PCX Modifikasi Ini Asli, Dibeli dari Amerika Foto: Pool (Facebook) Knalpot Yoshimura Berlogo Akrapovic di PCX Modifikasi Ini Asli, Dibeli dari Amerika Foto: Pool (Facebook)
Jakarta - Honda PCX versi modifikasi yang dipamerkan saat diluncurkan pekan lalu menjadi perhatian warganet. Sebabnya, motor itu menggunakan knalpot berlogo Akrapovic, sementara Sphinx Motorsport sebagai distributor knalpot Akrapovic dalam akun Facebook-nya menyatakan bahwa knalpot yang digunakan PCX modifikasi itu bukan knalpot resmi dari Akrapovic.

Modifikator PCX itu, Baru Motor Sport (BMS) menyatakan bahwa terjadi kesalahan pemasangan logo pada saat mengerjakan proyek modifikasi yang diminta oleh pihak Astra Honda Motor (AHM) itu. Ariawan sebagai penggawa BMS pun meminta maaf atas kelalaian timnya tersebut.

Ari mengatakan, knalpot yang digunakan di Honda PCX modifikasi itu adalah knalpot Yoshimura. Dia menegaskan, knalpot itu asli, dibeli dari Amerika.

"Itu bukan knalpot Purbalingga or lokal-lokal (knalpot imitasi) pastinya. Itu saya beli dari Amerika. Ke Honda juga sudah saya klarifikasi dan saya sertakan invoice pembeliannya. Tetapi banyak netizen beranggapan bukan knalpot original Yoshimura," jelas Ari kepada detikOto.

Ari membenarkan bahwa memang Yoshimura belum meluncurkan knalpot khusus untuk PCX. Namun, dia menegaskan bahwa knalpot Yoshimura itu asli, hanya dipakai bagian muffler alias slip on, bukan full system.

"Kalau knalpot launching motor baru nggak akan ada yang full system. Itu belinya Yoshimura buat moge GSX600R leher depannya custom sendiri. Semua jenis motor-motor launching biasanya untuk muffler'nya kita adopsi dari berbagai macam merek, cuma bagian depannya kita custom sendiri. Kebutuhannya hanya untuk pameran atau show unit saja soalnya," jelas Ari.

Ya, Ari menegaskan bahwa PCX modifikasi yang dipajang saat peluncuran pekan lalu itu hanya untuk kebutuhan pameran. Jadi, motor modifikasi itu lebih mengedepankan kesan keren, bukan mengutamakan performa.

"Jadi kebutuhannya motor display launching itu cuma untuk paduan saja, kira-kiranya motor ini bisa dimodif seperti apa. Makanya biasanya Honda mengadopsi beberapa gaya dan model. Jadi bukan Honda ingin menjual motor modifnya atau menjual part-partnya. Jadi hanya untuk panduan saja kira-kira nanti bisa ke arah mana. Kalau untuk aksesori knalpot pasti mengadopsi slip on saja, dan lehernya di-customised sendiri supaya bisa plug in di motornya," ucap Ari. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed