Selasa, 23 Jan 2018 11:03 WIB

Ini Contoh Modif Motor yang Keliru Versi Polisi

Muhammad Idris - detikOto
Ini Contoh Modif Motor yang Keliru Versi Polisi Foto: Hakim Ghani Ini Contoh Modif Motor yang Keliru Versi Polisi Foto: Hakim Ghani
Jakarta - Barangkali ada Otolovers yang hobi modifikasi motor? Dalam melakukan modifikasi atau kustom juga perlu mempertimbangkan sejumlah hal. Karena keliru dalam mengutaka-atik kendaraan, bisa-bisa malah kena tilang polisi di jalanan.

Kasat Lantas Polresta Depok Kompol, Sutomo, mengungkapkan salah satu contoh modifikasi motor yang kerap menyalahi aturan yakni kustom vespa yang dibuat terlalu rendah, dan seringkali ada penambahan roda yang terlalu ekstrem sehingga membahayakan pengendara.

"Di Depok sering juga itu Vespa yang dipakai anak punk rodanya banyak. Apa itu namanya saya lupa. Yang rodanya ada 3 sampai lebih," ujar Sutomo kepada detikOto.

Vespa yang dimaksud Sutomo yakni modifikasi motor vespa yang kerap disebut sebagai vespa gembel. Diungkapkannya, pihaknya tak segan-segan menilang kendaraan modifikasi yang menyalahi aturan.

"Jelas ditilang, hanya kadang di lapangan personel kita misalnya hanya dua orang, sementara mereka biasanya rombongan sampai 30 orang," ucap Sutomo.

Dia melanjutkan, praktik kustom pada roda dua juga tak boleh mengindahkan aspek dasar dan keselamatan pada kelengkapan motor yang sudah diatur standarnya seperti knalpot, ban, lampu, pelek, dan sebagainya.

"Yang memenuhi standarlah, misalnya ban tetap harus standar. Selain itu enggak boleh diubah-ubah yang dasar dan sesuai peruntukannya. Misalnya ada tuh sering motor Vespa ada dimodifikasi rodanya jadi tiga, enggak boleh itu," ujar Sutomo. (idr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed