Selasa, 24 Okt 2017 10:16 WIB

Honda Vario Rasa Scrambler, Bisa Terabas Segala Medan

Prins David Saut - detikOto
Foto: Prins David Saut
Denpasar - Bule-bule yang berlibur di Bali kerap mengandalkan motor matik sebagai kendaraan untuk berpetualang. Namun belum banyak motor matik yang bisa diandalkan di segala medan. Hal ini memberikan inspirasi kepada IG Ngurah Putra Darmagita untuk mengubah Vario menjadi GTX Motosport.

"Di Bali, motor matik sangat banyak berkeliaran dan wisatawan banyak yang menyewa untuk menikmati keindahan alam Bali. Nah, di sinilah, idenya muncul bikin motor trendy untuk segala medan karena bule-bule di Balo membawa motor matic ke pantai dan gunung," kata Darmagita kepada detikOto kemarin.

Darmagita membawa motor Honda Vario tahun 2009 itu dalam kompetisi custom bike Suryanation Motorland 2017 Bali pada Sabtu (21/10) lalu. Namun tak tampak ciri-ciri Vario, malah motor matik itu terlihat seperti perkawinan scramble dan motosport.

"Modelnya terinspirasi motor-motor scramble yang berbasis motosport. Tapi saya tuangkan di media motor matik, karena saya yakin masih jarang yang melakukannya," ujar Darmagita.

Foto: Prins David Saut

Dengan menamakan motor matic itu menjadi GTX Motosport, Darmagita tetap mempertahankan frame Vario. Namun, pipa untuk bagian underbone disematkan menyatu dengan rangka.

Lalu urusan kaki, Darmagita menggunakan suspensi dari Honda GL Pro di bagian depan dan shock spring Vario Techno 150 di bagian belakang agar motor menjadi lebih tinggi.

Kemudian pelek Rossi di bagian depan dan belakang digunakan untuk menopang roda trail dari Swallow berukuran sama dengan ban standar Vario. Urusan bodi, Darmagita membuat khusus menggunakan custom plat galvanis setebal 0,9 mm.

"Pengerjaannya termasuk singkat, hanya 80 jam kerja," ucap Darmagita.

Walau pengerjaannya singkat, hasil karya maksimal Darmagita ini membuahkan hasil dalam kompetisi custom bike. GTX Motosport ini menjadi juara pertama kelas Matic Custom Special Suryanation Motorland 2017 di Bali. (vid/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com