Sabtu, 07 Okt 2017 08:57 WIB

Moge 3 Roda Sangar Ini Siap Diberikan Kepada Pengunjung Kustomfest

Edzan Raharjo - detikOto
Moge 3 Roda Sangar Ini Siap Diberikan Kepada Pengunjung Kustomfest Foto: Pool (Kustomfest)
Jakarta - Ajang modifikasi KUSTOMFEST (Indonesian Kustom Kulture Festival) 2017 kembali digelar di Jogja Expo Center, Yogyakarta, 7-8 Oktober 2017. Seperti biasanya, Kustomfest akan memberikan satu motor modifikasi disetiap penyelenggaraannya.

Memasuki gelaran tahun ke-6 ini, Kustomfest mempersembahkan Lucky Draw motor trike Kustom yang memadukan mesin Harley Davidson dan konstruksi mobil Porsche. Wow, siapa yang beruntung ya?

Lucky Draw Kustomfest 2017 ini diberi nama 'Ojo Dumeh' yang terinspirasi dari nasehat tokoh pewayangan Kyai Semar. Motor ini menggunakan 3 roda didepan 1 dan belakang 2.

Moge 3 Roda Sangar Ini Siap Diberikan Kepada Pengunjung KustomfestLucky Draw Kustomfest 2017 ini diberi nama 'Ojo Dumeh' yang terinspirasi dari nasehat tokoh pewayangan Kyai Semar. Foto: Pool (Kustomfest)


Director Kustomfest, Lulut Wahyudi mengatakan Lucky Draw Kustomfest kali ini adalah motor trike kustom yang memiliki DNA konstruksi mobil Porsche. Mengambil gaya trike era 1970-an dengan menggunakan konstruksi motor choper dibagian depan dan mengaplikasi independent rear suspension mobil Porsche pada bagian belakang. Model tempat duduk yang digunakan mengadopsi tempat duduk ala King and Queen.

"Menggunakan mesin Harley Davidson Buell 1200cc. Shock depan memakai springer. Bagian belakang kita desain khusus dengan menggunakan differential, kita gerakan pakai rantai. Differential itu kita bikin sendiri, jadi benar-benar orisinil desain karya anak Yogya," ujar Lulut saat lounching Lucky Draw Kustomfest 2017, di Jogja Expo Center (JEC).

"Bagian belakang kita adopsi teknologi dari mobil Porsche. Karena kenyamanan suspensi ini yang kita ambil teknologinya, kita aplikasikan," katanya.

Lucky Draw yang dinamai 'Ojo Dumeh' dalam bahasa Indonesia berarti jangan merasa lebih, merasa sok, yang artinya harus selalu membumi. 'Ojo Dumeh' ungkapan refleksi untuk instrospeksi yang dibawa oleh Kyai Semar dalam tokoh pewayangan. Semar adalah sosok Punokawan yang menjaga dan menghibur Pandawa.

Pada cover mesin Lucky Draw terdapat pahatan sosok punokawan Semar. Pahatan juga bertuliskan KUSTOMFEST 2017 terlihat pada mesin tersebut.

Lulut mengatakan dengan menggunakan mesin Harley Davidson Buell 1200cc memiliki performa yang tinggi karena sudah memilki DNA racing.

Mesin ini ditopang independent rear supspension milik Porsche yang bisa diaplikasikan pada motor-motor besar. Kelebihan dari independent rear supspension dengan air differential adalah bisa membagi tenaga secara merata yang dihasilkan oleh mesin untuk kedua roda belakangnya.

"Suspensi ini akan membentuk turning radius yang sangat efektif pada saat membelok sehingga motor tetap stabil untuk dikendarai,"kata Lulut.

Lucky Drawi 'Ojo Dumeh' Kustomfest 2017 ini akan menjadi mlik pengunjung yang beruntung. Untuk bisa mendapatkan kesempatan memiliki 'Ojo Dumeh' bisa membeli tiket masuk Kustomfest 2017-No Boundaries seharga Rp 50.000. (mcs/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com