Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 27 Maret 2017, 13:48 WIB

Vespa Berbodi Kayu dari Ngawi, Harganya Bisa Puluhan Juta

In’am Tohari - detikOto
Vespa Berbodi Kayu dari Ngawi, Harganya Bisa Puluhan Juta Foto: In'am Tohari
Ngawi -

Jawawi (40) warga Desa Sidorejo Kecamatan Kendal Ngawi sangat kreatif. Dia memodifikasi motor Vespa dengan menggunakan bodi yang sepenuhnya terbuat dari kayu.

Ingin memiliki motor mahal nampun tak punya uang untuk membeli, akhirnya Jawawi malah menemukan ide membuat motor antik dari kayu. Dan hasilnya motor hasil kreasinya malah menjadi motor yang berharga cukup mahal.

Itulah yang dilakukan bapak dua anak berambut gondrong. Untuk mesin, Jawawi tidak mengotak-atiknya, hanya bodinya saja.

Sementara bahan yang digunakan bukan besi atau logam, tetapi dari bahan kayu trembesi, jati, durian dan kelapa. Keempat jenis kayu ini dianggap paling kuat untuk body motor.

Jawawi menekuni profesi sebagai modifikator Vespa sejak tahun 2010 lalu. Dan sedikitnya sudah ada enam unit motor Vespa kayu yang dibuatnya. Sebagian sudah terjual ke para penghobi Vespa antik. Sementara di rumahnya masih ada satu unit Vespa Chopper yang dimungkinkan hanya ada satu di dunia.

Bodi Vespa yang kini sudah jadi motor ala ChopperBodi Vespa yang kini sudah jadi motor ala Chopper Foto: In'am Tohari


Dari kreasinya ini, motor Vespa yang awalnya dibeli dengan harga tak sampai Rp 5 juta, setelah dipoles bodinya menjadi sepenuhnya dari kayu, harga berubhan menjadi puluhan juta rupiah.

"Alasan saya bikin motor Vespa kayu sebab saya ingin punya motor yang gokil dan unik. Dan Vespa Chopper saya ini sudah pernah berkeliling di hampir seluruh pulau di Indonesia," ujar Jawawi ditemui detikcom di rumahnya.

Untuk membuat satu unit vespa kayu, Jawawi membutuhkan bahan sebanyak dua kubik kayu. Dan dalam pengerjaannya Jawawi membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 bulan.

Vespa kayu yang seluruh bahannya dari kayu jati, harga per satu unit bisa mencapai Rp 50-60 juta. Sedangkan untuk kayu selain jati, harganya hanya separuhnya.


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed