Bamsoet Mau Gelar Lomba Mobil Modifikasi, Total Hadiah Rp 1 Miliar

Jihaan Khoirunnisa - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 15:05 WIB
Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dipercaya menjadi menjadi Ketua Dewan Komite  Nasional Modificator & Aftermarket Association (NMAA) periode 2022-2023.
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo berencana menggelar kompetisi mobil modifikasi bertajuk 'IMX Black Stone LiveMods 2022, Perang Bintang' bersama keluarga besar National Modificator and Aftermarket Association (NMAA). Kompetisi ini disebut akan melibatkan crazy rich Indonesia, mulai dari Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Andre Taulany, Gading Marten dan lainnya.

Para modifikator Tanah Air pun bisa ikut serta dalam kompetisi ini dengan mengikuti sejumlah syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Nantinya, sampai dengan akhir Mei 2022 masyarakat akan menentukan lima orang modifikator terpilih yang akan maju dalam kompetisi puncak. Adapun hadiah yang akan diperebutkan yakni Piala Ketua MPR RI dan hadiah lainnya dengan total nilai mencapai Rp 1 miliar.

"Setelah terpilih, lima orang modifikator tersebut akan mulai melakukan modifikasi terhadap kendaraannya pada awal Juni 2022. Pada Juli 2022, hasil kendaraan yang telah dimodifikasi tersebut akan dipajang dan dilakukan penjurian di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) pada 1-2 October 2022 di Hall A, Jakarta Convention Center," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (7/4/2022).

Usai menerima pengurus NMAA di Jakarta hari ini, Ketua MPR RI ini menjelaskan seluruh kegiatan kompetisi 'IMX Black Stone LiveMods 2022 Perang Bintang' akan ditayangkan melalui kanal Youtube Bamsoet Channel, NMAA TV, dan di masing-masing kanal Youtube para modifikator peserta kompetisi. Dengan begitu diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi lahirnya para modifikator muda yang bisa menggairahkan dunia otomotif, khususnya di sektor modifikasi otomotif dan aftermarket.

"Kompetisi ini merupakan persembahan NMAA sebagai asosiasi modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia untuk turut serta memulihkan perekonomian nasional pasca pandemi COVID-19 melalui kegiatan modifikasi otomotif yang merupakan bagian dari sektor ekonomi kreatif," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan bidang usaha modifikasi otomotif termasuk dalam turunan 5 sektor bidang manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mempersiapkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0. Selain itu, usaha modifikasi otomotif juga termasuk ke dalam sektor usaha UMKM yang mampu membuka banyak lapangan kerja, sekaligus menggairahkan perekonomian nasional.

Menurut Bamsoet, kehadiran usaha modifikasi otomotif ini akan memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat dengan perputaran uang yang mencapai puluhan hingga ratusan miliar rupiah setiap tahun.

"Di Amerika Serikat, dalam salah satu market research menemukan ada kecenderungan anak-anak muda tidak lagi aktif membeli mobil. Mereka memilih memodifikasi mobil yang sudah ada. Kalaupun mau membeli, mereka memilih membeli mobil yang sudah dimodifikasi. Hal tersebut juga akan terjadi di Indonesia. Memiliki 64 juta penduduk berusia 16-30 tahun, membuat pengembangan usaha modifikasi otomotif sangat cerah," pungkas Bamsoet.

(akd/din)