Kamis, 30 Apr 2020 16:39 WIB

Modifikasi Ekstrem Kembaran Jimny, Diubah Jadi Kendaraan Salju

lua - detikOto
Modifikasi Suzuki Gypsy Modifikasi Suzuki Gypsy.Foto: Rushlane
Jakarta -

Suzuki Gypsy merupakan SUV compact yang dipasarkan secara khusus di India oleh Maruti. Mirip seperti kembarannya Jimny, Suzuki Gypsy juga bisa diandalkan untuk melewati medan ekstrem. Bahkan dengan ubahan di kaki-kaki, Gypsy bisa disulap menjadi kendaraan salju.

Mengutip Rushlane, modifikasi Gypsy ala kendaraan salju ini menggunakan sistem kaki-kaki seperti yang ada di kendaraan tank atau alat berat seperti excavator. Jika diperhatikan, roda yang digunakan untuk memutar rantai berjumlah sekitar 6 buah, dengan posisi yang menonjol ke luar.

Dengan sistem roda rantai, Suzuki Gypsy ini bisa mencengkeram medan salju dengan baik. Sistem rantainya sendiri mirip seperti roda traktor, dengan bilah-bilah lempengan besi yang menonjol.

Dalam kondisi standar, Gypsy dilengkapi penggerak 4 x 4 dikombinasi jantung pacu 1,3 liter dengan power maksimal 80 dk dan torsi 103 Nm, dikawinkan transmisi manual 5 kecepatan. Tidak ada penjelasan apakah mesin tersebut sudah disesuaikan untuk menarik sistem roda rantai. Tapi jika kondisi mesinnya masih standar, pasti akan sangat terbebani.

Sebagai informasi, penjualan Suzuki Gypsy saat ini sudah dihentikan di India. Model ini akan segera digantikan dengan Suzuki Jimny generasi keempat yang dijadwalkan meluncur pada 2021 mendatang.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com