Rabu, 04 Des 2019 16:20 WIB

Ngebengkel by detikOto

Modifikasi Land Rover Defender Sang Jenderal

Dadan Kuswaraharja - detikOto
LandFoto: Rico Bagus LandFoto: Rico Bagus
Bandung - Bengkel kustom di Bandung, H2OBodywork, kian memproklamirkan diri sebagai bengkel khusus mobil Land Rover Defender. Kreasi terbaru bengkel yang berlokasi di Jalan Muara Sari 1 No.1, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung ini adalah mobil Land Rover Defender LWB 300Tdi tahun 1997 milik Kasdam III Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Dwi Jati Utomo.

Lulusan Akmil tahun 1987 itu dengan telaten memodifikasi mobilnya dari kondisi awal teronggok dari gudang. "Tahun 2015 saat teman-teman mulai membangun Land Rover tua, saya pun ikut tertarik, membangun mobil seperti yang di belakang ini, sejak tahun 2015. Kalau koleksi yang dimodifikasi, mobilnya tidak banyak, hanya Land Rover ini dan Hardtop, mobil lain masih standar kebutuhan sehari-hari," ujar Dwi saat menerima detikcom di kantornya, Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Brigjen Dwi Jati Utomo dan mobil Land Rover Defender modifikasinyaBrigjen Dwi Jati Utomo dan mobil Land Rover Defender modifikasinya Foto: Rico Bagus



"Sejak belajar membenahi mobil yang teronggok di gudang, kita perbaiki pelan-pelan sejak 2015-2016 sehingga terbentuk yang seperti ini, perjuangannya luar biasa Tidak mudah untuk membangun mobil yang cukup tua jadi layak pakai. Kalau tidak diperbaiki kan tidak jalan," ujar pria yang sehari-hari mengkoordinasikan staf umum di Makodam sebagai Kasdam III Siliwangi ini.



Dwi menambahkan modifikasi yang dilakukannya cukup banyak terutama di bagian eksterior, interior, dan kaki-kaki. Untuk mesin dan bodi mobil diupayakan tidak menghilangkan bentuk aslinya. "Dengan pelek dan ban yang disesuaikan dengan tampilannya sehingga lebih menarik. Pelek lumayan juga, bawa dari luar dan bannya pakai BF Goodrich," ujarnya.

Pelat nomor memperlihatkan angkatan 1987 Akabri, sedangkan ARM singkatan dari Artileri Medan, kesatuan tempat Dwi Jati berasalPelat nomor memperlihatkan angkatan 1987 Akabri, sedangkan ARM singkatan dari Artileri Medan (Armed), kesatuan asal Dwi Jati Foto: Rico Bagus


Meski modifikasinya cukup banyak, Dwi ingin mobilnya tidak hilang ciri khasnya. "Saya tidak menghilangkan bentuk asli mobil, dicat menggunakan warna hijau karena menggambarkan Green Army kemudian ditambah modifikasi, paling lama modifikasinya bagian interior kebetulan H2OBodywork menawarkan konsep saya tertarik," ujarnya.

Interior mobil yang proses pengerjaannya cukup lamaInterior mobil yang proses pengerjaannya cukup lama Foto: Rico Bagus


Di luar mobil ada foot step untuk membantu penumpang masuk ke dalam mobil, roof rack, bemper yang dilengkapi dengan sling winch yang sanggup menarik beban sampai 6 ton.

Joknya sudah menggunakan full leatherJoknya sudah menggunakan full leather Foto: Rico Bagus

Sebagai penyuka adventure, Dwi tergabung dalam Adventure Akabri '87 Community yang sesuai namanya merupakan jebolan Akabri 1987. "Teman-teman dari Akabri 1987 punya hobi yang sama membentuk komunitas. Tapi tidak terbatas Land Rover, semua 4x4 kita berkumpul untuk menghilangkan kepenatan, kita touring, yang dipimpin oleh Letjen TNI AM Putranto Komandan Kodiklat TNI-AD. Paling terakhir kami ke Cikole. Setiap touring kami modifikasi dengan kegiatan sosial, pemberian sembako, membenahi musola, jadi tidak melupakan masyarakat sekitar," ujarnya.

Land Rover Defender Modifikasi ala Jenderal, Green Army LookFoto: Rico Bagus


Siap Jenderal, Salam One Life, Live It!

Yuk Simak Video Wawancara Brigjen Dwi Jati Utomo tentang mobilnya:

[Gambas:Video 20detik]

Halaman
1 Tampilkan Semua

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com