Sabtu, 28 Sep 2019 11:20 WIB

Menperin Buka Pameran IMX 2019

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Menteri Perindustrian Indonesia Airlangga Hartarto meresmikan pembukaan Indonesia Modification Expo (IMX) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu (28/9/2019). Gelaran kedua IMX kali ini mengusung tema The Power of Collaboration yang mengajak industri aftermarket di Indonesia.

Sebelumnya penyelenggara kegiatan ini, National Modificator and Aftermarket Association (NMAA), terlebih dahulu memberikan kata sambutannya.

"Terima kasih pada yang mendukung industri modifikasi, sekarang kita dalam proses ke arah industri yang menyemarakkan industri otomotif di indonesia. Satu satunya expo modifikasi yang bertujuan memotivasi munculnya merek-merek aftermarket di Indonesia, salah satunya tahun lalu munculnya Karma Body Kit," kata Founder NMAA Andre Mulyadi dalam kata sambutannya di kesempatan itu.



Airlangga menyambung sambutan Andre dengan mengatakan bahwa industri modifikasi memang sangat berpengaruh terhadap industri otomotif. Modifikasi ini juga mendukung industri 4.0 yang menyongsong inovasi.

"Sangat relevan karena memadukan idea kreasi dengan prinsipal otomotif, di sini ditunjukkan selain pada Indonesia bahwa Indonesia adalah negara dengan talenta kreatif. Kita tahu dalam 4.0 yang pertama adalah inovasi dan industri otomotif lekat dengan inovasi teknologi," kata Airlangga.

Kamera IMX tahun ini pun dilihat Airlangga telah memberikan hasil lebih baik dari tahun pertamanya. Ia pun juga senang dengan antusiasme kreator yang melibatkan Mobil Pedesaan atau AMMDes. "Ada dua indikator, semakin ramai, semakin banyak desain dan antusiasme. Modifikasi AMMDes, ada seratus dan diwujudkan satu desain," tambahnya.

Airlangga mengatakan bahwa pemerintah mendorong industri modifikasi khususnya buatan dalam negeri agar diterima secara internasional.

"Pemerintah dorong merek nasional bisa jadi global. Aksesoris ini kita punya laboratorium. Termasuk laboratorium aerodinamis bisa dipakai modifikasi yang terkait dengan prinsipal tidak hanya penampilan bagus tapi aerodinamis bisa dipertanggungjawabkan. Selanjutnya industri tak lepas dari bagian otomotif. Saya harap asosiasi ini memberikan pembinaan pada anggotanya melalui kegiatan," tutupnya.

Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com