Sabtu, 06 Apr 2019 16:50 WIB

Indonesia Automodified (IAM) MBTech 2019

Puluhan Mobil Modif Buat Sesak Balikpapan

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Kontes Modifikasi Indonesia Automodified (IAM) MBTech Foto: detikOto Ilustrasi Kontes Modifikasi Indonesia Automodified (IAM) MBTech Foto: detikOto
Balikpapan - Salah satu perhelatan kontes modifikasi terbesar di Tanah Air, Indonesia Automodified (IAM) MBTech 2019 merapat ke pulau borneo, tepatnya di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kota Minyak ini menjadi destinasi ketiga dalam rangkaian IAM 2019 yang digelar pada 6 - 7 April 2019 di Balikpapan Ocean Square.

"Balikpapan total ada 80-an peserta, termasuk dari Daihatsu Dress Challenge ada sekitar 35 atau 36-an," ujar Panitia Penyelenggara Husna Sugiana kepada detikcom di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (24/3/2019).



Kompetisi modifikasi ini juga memperebutkan lebih dari 150 awards atau trofi bergengsi. 150 awards ini merupakan apresiasi untuk mobil-mobil modifikasi yang berkompetisi dengan berbagai aliran, diantaranya stance/fitment, street racing, racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, classic, retro, exotics, performance, hingga extreme.

"Penilaian atas didasarkan pada kualitas dan kelengkapan modifikasi di delapan sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio&Video, serta tampilan atau Presentation," ujar Husna.



Lebih lanjut ia menjelaskan aliran modifikasi di wilayah yang dijuluki Kota Minyak ini beragam seperti kota yang sudah disambangi IAM sebelumnya.

"Kalau modifikasi hampir sama dengan kota lainnya, tidak ada yang menjadi ciri khas Balikpapan, sejauh ini modifikator sudah oke banget namun disayangkan juga tidak ada unsur budaya nya di sini, kalau di Jogja kemarin ada unsur ukirannya," ujar Husna.

Adapun kontes modifikasi IAM ini terbagi atas kelas Players dan Tuners. Untuk kelas Player tidak ada batasan modifikasi pada mobil selain peraturan umum IAM MBtech tahun ini seperti tidak diperbolehkan mengubah dan menambah jarak sumbu roda.

Husna melanjutkan untuk kelas Tuners merupakan modifikasi non ekstrim dan masih fungsional sebagai kendaraan sehari-hari. Pada kelas ini, terdapat beberapa batasan yang tidak boleh melewati aturan yang sudah ditentukan seperti body conversion, menghilang pilar, bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan motorized. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com