Selasa, 27 Nov 2018 10:15 WIB

Sport Fairing Berakar Pulau Dewata

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Final Battle Honda Modification Contest 2018 telah mengeluarkan beberapa jawara baru nasional yang terbagi menjadi beberapa kelas.

Salah satunya adalah Tony Hadi Putra dari Denpasar sebagai pemenang kategori National Champion Sport. Dia memodifikasi Honda CBR250RR dengan konsep Sport Fairing Bali Culture (Taksu Pulau Bali).



"Kalau gambar itu ukiran Bali jadi konsepnya saya mau motor orang tau sekali melihat Taksunya Pulau Bali, hidup dan harmonis," ungkap Tony kepada detikOto.

Tony mempercayai konsep modifikasinya ke beberapa bengkel kepercayaannya seperti Mank Bili Cat, Bola Custom, dan Ignitek Garage.

"Saya mau bikin motorsport yang berbeda intinya, inspirasi awalnya dapat album ada CBR250RR yang pakai Mono Arm, terus dikasih kesempatan naik RCV213V," ungkap pria asal Bali ini.

Demi mendapatkan motor idamannya, Tony rela menghabiskan uang sebesar Rp 60 juta untuk mengubah sektor tampilan dan performa mesin. Dari sektor kaki-kaki mulai dari pelek, suspensi, dan lengan ayun menggunakan part Ducati Evo 848.

"Ubahan suspensi depan belakang, dan swing arm punya Ducati 848 Evo, peleknya Marchesini, untuk kaki-kaki habisnya total sekitar Rp 30 jutaan belum sama ongkos," ungkap Tony.



"Shockbreaker belakang pakai Ohlins, memang saya ganti karena suspensinya CBR250R terlalu lembut, kalau untuk harian memang nyaman, tapi untuk speed terasa sekali," kata Tony.

Untuk mendapatkan daya geber yang lebih maksimal, Tony juga melakukan sedikit modifikasi dari sektor mesin.

"Kalau mesin bore up standar masih 250 cc, hanya corting, cam custom, ECU ganti A-Racer, I-Mode, Quick Shift A-Racer," terangnya.

Untuk mempercantik tampilan Tony juga mengganti beberapa part dengan produk aftermarket, di antaranya Footstep, Handbar, dan end bar menggunakan merek Lightech. Handle Koplik Acossatu, dan tabung minyak rem Rizoma. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed