Rabu, 31 Okt 2018 11:21 WIB

Wah, Ada Bus Sekolah Bermesin Jet!

Rizki Pratama - detikOto
Bus sekolah bermesin jet. Foto: Autoevolution Bus sekolah bermesin jet. Foto: Autoevolution
Jakarta - Mobil jenis sedan, city car, SUV, dan lainnya mungkin sudah sering menjadi objek modifikasi eksterior, interior, hingga dapur pacu. Ingin tampil beda dengan ide gila, pria bernama Gerd Habermann bersama timnnya memasang mesin jet ke dalam sebuah bus sekolah berwarna kuning.

Tenang saja bus ini tidak akan digunakan untuk mengantar anak-anak anda ke sekolah. Tujuan Habermann menggunakan mesin jet pada bus sekolah ini semata-mata untuk hobi dan kebutuhan balap drag.


Bus Sekolah yang menggunakan mesin jet turbin lengkap dengan afterburner ini diuji kecepatannya di sebuah lintasan lurus. Layaknya sebuah pesawat, bus ini mengeluarkan suara seperti pesawat yang akan take-off. Jika otolovers menutup mata mungkin akan mengira bus ini adalah sebuah pesawat yang siap terbang.

Lebih detilnya mesin jet yang digunakan bus ini adalah turbin Westinghouse J-34 dari akhir tahun 40-an atau awal 50-an.

Pesawat tempur yang pernah menggunakan mesin jet ini adalah jet tempur berbasis pembawa tunggal McDonnell F2H Banshe, F3D Skyknight yang juga digunakan oleh Angkatan Laut, dan P-2 Neptunus yang memiliki baling-baling.


Mobil jet di lintasan drag strip selalu menjadi tontonan menarik. Bus ini menunjukkan kebolehannya pada sebuah event di Santa Pod Raceway, Inggris.

Di atas kertas Bus ini mampu menempuh seperempat mil dalam waktu kurang dari 10 detik dan sekitar 175 mph dalam kecepatan maksimum. Namun pada saat video ini direkam terjadi hujan yang mana mengurangi performa maksimal pada praktiknya. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed