Kamis, 20 Sep 2018 11:32 WIB

Pamor

Mobil Warisan yang Pernah Dipakai Pasukan Tjakrabirawa

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Bandung -

[Gambas:Video 20detik]



Mobil yang dimiliki pria asal Bandung, Budiarto, sangat bersejarah. Mobil Gaz Commando tahun 1959 itu sempat dipakai pasukan pengaman Presiden Soekarno saat itu Tjakrabirawa.



"Inilah mobil Gaz dari Rusia yang dipakai oleh TNI tahun 1965. Mobil ini saya dapatkan 3 tahun lalu. Ada Kapten (Purn) Tatang, setelah beliau meninggal, putrinya ketemu saya suruh dirawat, jadi ini mobil warisan," ujar Budiarto saat berbincang dengan detikOto.

Sadar dengan latar belakang mobil yang penuh sejarah militer, Budiarto tak membiarkan mobil dem-deman dari TNI itu menjadi seonggok rongsokan. "Semenjak itu saya fungsikan lagi seperti dulu, sebagai kendaraan tempur TNI," ujarnya.

Mobil total dirombak sampai 75 persen, namun yang utama adalah penggantian mesin dengan menggunakan mesin Toyota Hilux, penggunaan rem cakram punya Nissan Terrano, ban GT Army Lug serta power steering dari mobil-mobil jip Mercy.



"Saya menghabiskan Rp 75 juta dengan masa pengerjaan 1,5 bulan saja," ujarnya.

Tak lupa dia mengganti atap mobil dengan canvas yang baru, besi penunjang atap pun dia ganti sehingga lebih mengakomodasi penumpang di belakang.

Tidak seperti mobil modern yang segalanya tertutup, Gaz Commando tahun 1959 ini lebih terbuka. Tidak ada kaca sampingnya. Jadi memudahkan orang untuk melihat bagian dalam mobil. Sampai akhirnya pernah dia membawa 20 anak SD untuk jalan-jalan sebentar dengan mobilnya. "Ada kali 20 anak SD naik mobil," ujarnya terkekeh. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed