Rabu, 19 Sep 2018 13:36 WIB

Unik, Toyota Starlet Ini Atapnya Bolong

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi Starlet Foto: Luthfi Anshori/detikOto Modifikasi Starlet Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Di gelaran Toyota Jamboree 2018 beberapa waktu lalu ada salah satu mobil modifikasi yang menarik perhatian detikOto. Mobil itu adalah Toyota Starlet berkelir putih yang ternyata memiliki 'atap bolong'.



Atap bolong yang dimaksud adalah ragtop. Yap, Martin Pohan, sang pemilik Toyota Starlet SEG buatan Tahun 1996, sengaja melakukan modifikasi ini supaya mobilnya mirip Starlet EP91 yang memiliki sunroof opsional.

Untuk mewujudkan keinginannya, Martin membawa mobilnya ke bengkel Brafvecut. "Pakai ragtop merek Webasto. Pemasangannya dimulai dari potong atap, pemasangan plafon, lanjut sistem kelistrikan. Total biayanya sampai Rp 30 juta," terang Martin, kepada detikOto.

Modifikasi StarletModifikasi Starlet Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Selama pemakaiannya, menurut Martin tidak ada masalah berarti. "Meski yang memotong atap bukan dari pabrikan langsung, hasil pemotongan dan pemasangan ragtop di bengkel umum juga bisa presisi. Nggak ada gejala bocor saat hujan," tutur pria yang juga punya bisnis jasa poles mobil ini.



Selain melakukan penambahan ragtop, beberapa ubahan yang dilakukan Martin di Starlet-nya adalah dengan mengganti sistem transmisi dari manual ke matik. Selanjutnya, bodi mobil dicat ulang warna putih dengan biaya sekitar Rp 14 juta.

Di luar itu, ada pembaruan di interiornya dan menghabiskan dana Rp 8 juta. "Untuk kaki-kakinya pakai ring 16 merek sparco 9. Pelek satu set harganya Rp 13 juta. Sedangkan ban-nya satu set Rp 2,8 juta. Pakai Achilles ATRK ukuran 16/165/40," pungkas Martin. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed